Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kembangkan Skala Pemasaran, Inilah Upaya yang Dilakukan Dinas KUKMP Ciamis

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_41441.jpg

    Ciamis,- Tindak lanjuti sosialisasi program SIINas pada hari kemarin, Dinas KUKMP Kabupaten Ciamis lakukan sosialisasi kepada 40 orang pengusaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Ciamis, bertempat di Gedung Dekopinda Ciamis. Kamis, (25.02.21).

    Kegiatan lanjutan ini bertemakan koordinasi, sinkronisasi, dan pelaksanaan pemberdayaan industri dan peran serta masyarakat (sosialisasi penguatan daya saing IKM).

    Dikatakan Kabid Industri, DKUKMP Kabupaten Ciamis, Hj. Enok Kursilah, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para pelaku usaha industri kecil dan menengah (IKM) dalam hal manajemen usaha yang baik.

    “Selain itu juga untuk memperluas jaringan pemasaran produk daerah guna meningkatkan perdagangan antar daerah”, tambahnya.

    "Dan terakhir yaitu agar mendorong peningkatan mutu produk daerah sesuai dengan permintaan pasar dan meningkatkan daya saing produk daerah dalam menghadapi pasar global", paparnya.

    Lanjut, menurut Hj. Enok pada era globalisasi ini, setiap pelaku usaha harus mampu menciptakan inovasi dan kreativitas dalam usahanya, sehingga akan tetap eksis dan berdaya saing, khususnya dengan para kompetitor produk sejenis.

    Ia berpendapat, bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi terhadap daya saing Industri Kecil Menengah (IKM) diantaranya yaitu peningkatan sumber daya manusia, akses permodalan, kualitas produk dan pemasaran.

    “Maka dari itu perlu dilakukan sosialisasi, fasilitasi dan pembinaan terhadap para perajin dalam upaya meningkatkan daya saing melalui peningkatan kualitas, desain, kemasan, merk, dan juga pemasaran”, terangnya.

    Di hadapan para pelaku industri, ia berharap hasil dari sosialisasi ini selain meningkatkan daya saing produk juga sekaligus penguatan pasar yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. (Diskominfo.wahyu/cucu)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus