Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Yahintara dan Disrumkim Renovasi Masjid dan Bale Wargi Ancol Garut

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_41488.jpg

    KOTA BANDUNG- Yayasan Arsitek Hijau Nusantara (Yahintara) bekerja sama dengan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Kabupaten Garut akan merenovasi fasilitas Masjid dan Bale Wargi yang beada di Desa Sindanggalih Kabupaten Garut, Jawa Barat.

    Ketua Yahintara Ruli Oktavian mengatakan, renovasi dengan desain baru dilakukan agar kedua bangunan tersebut lebih layak bagi masyarakat sesuai dengan tujuan Yahintara, berkaitan dengan upaya mengkampanyekan rumah murah sehat layak huni. Salah satunya dengan mengadakan lomba desain masjid yang ditujukan bagi mahasiswa di seluruh Nusantara.

    "Desain renovasi masjid merupakan hasil lomba Desain Masjid dan Bale Wargi dalam program Nata Lembur di Kampung Ancol Desa Sindanggalih di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kita memediasi dan memberikan perencanaan pembangunan sehingga tercipta suatu sayembara desain masjid," kata Boy, Senin (01/02/2021).

    Ruli berharap dari sayembara ini bangunan tersebut dapat dibangun/renovasi dengan anggaran yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

    "Kita juga berupaya semua yang direkomendasikan Yahintara bisa diaplikasikan dan terbangun. Dipilihnya sayembara desain masjid dan bale wargi karena merupakan fasilitas umum yang merupakan bagian dari program nata lembur dari Disrumkin Kabupaten Garut," ucapnya.

    Ruli menambahkan, selain fasilitas umum berupa masjid dan bale yang baru dilakukan tahun ini, pihaknya juga sudah melakukan program serupa yang difokuskan kepada perumahan

    "Fasilitas umum baru dilaksanakan tahun ini, tidak menutup kemungkinan kita juga bisa melakukan program serupa untuk fasilitas umum dan tempat beribadah lainnya yang tentunya berkolaborasi dengan semua pihak," imbuhnya. 

    Sementara itu, Wakil Dekan Akademik Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kegiatan ITB Aswin Indrapastra menyebutkan, jumlah peserta yang mendaftar mengikuti lomba Desain Masjid dan Bale Wargi sebanyak 227 peserta.

    "Yang memberikan hasil desain (karya) sekitar 107 peserta yang berasal dari 47 perguruan tinggi di seluruh Indonesia," kata Aswin, yang juga dewan juri lomba Desain Masjid dan Bale Wargi.

    Berdasarkan hasil penjurian, juara 1 lomba ini berasal dari Universitas Yogyakarta, juara II dari Universitas Tanri Abeng dan juara III dari Universitas Islam Indonesia. 

    Untuk kriteria penilaiannya mulai dari pendekatan desain, struktur pembangunan dan Rencana anggaran biaya (RAB), penggunaan material lokal yang mudah dipelihara sehingga setelah proyek ini selesai dibangun, akan memudahkan mereka yang memeliharanya. Selain itu desain ini harus bisa mengedukasi masyarakat  menjadi contoh bagaimana mereka bisa meningkatkan kesadaran pemeliharaan fasilitas umum.

    Untuk hadiah lomba, lanjut Aswin, karena pesertanya mahasiswa maka tidak hanya berbentuk materi melainkan karya yang dibangun menjadi sebuah kebanggan bagi mereka karena sudah bermanfaat bagi masyarakat luas. 

    Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Garut, Eded Komarudin Nugraha menyatakan, ketiga desain juara lomba ini akan diterapkan di Kampung Ancol Desa Sindanggalih di Kabupaten Garut, dengan alokasi dana sebesar Rp170 juta.

    "Dengan lomba ini kami ingin memberikan fasilitas yang layak bagi masyarakat sekitar," imbuhnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus