Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Garut Resmi Menutup Rangkaian Agenda Musrenbang RKPD Kabupaten Garut TA 2022

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_41662.jpg

    GARUT - Bupati Garut Rudy Gunawan, menutup rangkaian agenda Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) Tingkat Kabupaten Garut Tahun Anggaran 2022, yang telah terlaksana dari hari Selasa dan ditutup secara resmi oleh Bupati Garut di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (17/3/2021).

    Dalam sambutannya Bupati Garut menyampaikan, Kabupaten Garut mendapatkan predikat Juara 1 dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, sebagai penerima perencana pembangunan daerah tingkat Provinsi Jawa Barat Juara 1. 
    "Tentu kami sekarang agak lebih baik lagi dalam rangka menyusun perencanaan di Kabupaten Garut, dan Alhamdulillah Kabupaten Garut menerima penghargaan dari Bapak Gubernur sebagai penerima perencana pembangunan daerah tingkat Provinsi Jawa Barat Juara 1," kata Rudy.

    Ia menuturkan bahwa Kabupaten Garut saat ini sedang menuju tahap penilaian tingkat nasional. "Sekarang kami menuju tahap penilaian tingkat nasional,  tingkat nasional kami sudah diverifikasi tahap satu dan kami lolos menuju tahap kedua, yang nanti ujiannya akan dilaksanakan hari Jumat," katanya. 

    Namun dibalik itu, lanjut Rudy, pihaknya mengalami pengurangan dana transfer akibat adanya refocusing. "Kami pusing tujuh keliling, karena awal bulan kemarin APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) kebanyakan bersumber dari dana transfer, kita mengalami pengurangan dana transfer dari 10 refocusing lagi ditambah 4, sekarang ditambah 4 entah besok lusa ditambah lagi berapa," lanjut Bupati Garut.

    Rudy menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat karena ada beberapa kegiatan di tahun 2021 yang tertunda. "Untuk itu saya mohon maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat ada beberapa kegiatan di 2021 yang tertunda akibat adanya penghentian permanen atau pengurangan dana transfer," ungkapnya.

    Sementara itu, salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Garut dari fraksi PDIP Yuda Puja Turnawan, berharap Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022 berpihak kepada masyarakat. "Kami berharap dari DPRD bahwa RKPD 2022 ini, menunjukkan keberpihakan pemerintah daerah terhadap publik (atau) rakyat Garut,  terhadap masyarakat Garut," katanya.

    Dalam kesempatan tersebut secara khusus bupati memberikan penghargaan Musrenbang Awards Tahun 2021 kepada 16 pemerintah kecamatan atas penyelenggaraan musrenbang tingkat kecamatan, yaitu :

    1. Kecamatan Pasirwangi,
    2. Kecamatan Singajaya,
    3. Kecamatan Tarogong Kaler,
    4. Kecamatan Selaawi,
    5. Kecamatan Bayongbong,
    6. Kecamatan Cikelet,
    7. Kecamatan Cisurupan,
    8. Kecamatan Wanaraja,
    9. Kecamatan Tarogong Kidul,
    10. Kecamatan Leuwigoong,
    11. Kecamatan Sucinaraja,
    12. Kecamatan Cigedug,
    13. Kecamatan Karangtengah,
    14. Kecamatan Banjarwangi,
    15. Kecamatan Pameungpeuk, dan
    16. Kecamatan Cibalong.

    Acara ini turut dihadiri juga oleh Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Perencanaan dan Evaluasi Wilayah II Ditjen Bina Bangsa Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Bob Ronald F. Sagala, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar Lendra Sofyan, dan Direktur Perencanaan Makro dan Analisis Statistik Bappenas RI Eka Chandra Buana yang menghadiri kegiatan ini secara virtual melalui video telekonferensi.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus