Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sinta Ridwan: Melestarikan Aksara Sunda Lewat Komunitas

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/sinta-ridwan.jpg

    BANDUNG – Sinta Ridwan, wanita yang masih tergolong muda (27), namun kiprahnya dalam melestarikan budaya terutama aksara Sunda kuno, tergolong brilian. Setelah lulus dari program pasca sarjana bidang ilmu Filologi (naskah kuno) Fakultas Sastra Unpad, Sinta secara khusus membuka kelas atau komunitas khusus peminat aksara Sunda kuno. Ditemui di sela-sela peringatan Woman’s Day di Gedung Sate, Minggu (25/3), Sinta menuturkan awal mula membuka kelas khusus aksara Sunda kuno.

    “Awalnya di tahun 2009, beberapa orang bertanya pada saya bagaimana caranya bisa mengerti dan menggali naskah-naskah kuno. Jawaban saya singkat, ya harus belajar dulu aksara Sunda kuno. Maka sejak itu atas usulan dari kawan-kawan, saya buka kursus pendek tentang aksara Sunda Kuno. Banyak peminatnya ternyata, dari segala kalangan dan usia. Hingga sekarang sudah tercatat 250 orang yang ikut kelas itu secara gratis” ujar Sinta.

    Sinta sendiri mengaku senang banyak yang berminat belajar aksara Sunda. Karena di tengah era globalisasi seperti ini, melestarikan aksara Sunda, adalah hal yang sedikit aneh tentunya.

    “Ya saya juga awalnya heran, ternyata banyak orang yang ingin belajar aksara Sunda kuno itu, terutama mereka dari kalangan pemuda. Ada mahasiswa, pelajar, dan lain-lain. Saya senang, karena di naskah-naskah kuno itu banyak sekali kearifan-kearifan leluhur yang harus digali” katanya. (Apun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus