Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Festival Keraton Nusantara 2021 Akan Digelar di Sumedang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_41807.jpg

    KAB. SUMEDANG - Perhelatan budaya nasional Festival Keraton Nusantara tahun 2021 akan digelar di Keraton Sumedang, Kabupaten Sumedang. 

    Gelaran rutin keraton-keraton se-Nusantara itu akan digelar September 2021. Menurut Ketua Pengurus Yayasan Nadzir Wakaf Panggeran Sumedang (YNWPS) Rd. Luky Djohari Soemawilaga, kesempatan menjadi tuan rumah Festival Keraton Nusantara itu untuk pertama kalinya diberikan kepada Keraton Sumedang Larang.

    "Ini untuk pertama kalinya Keraton Sumedang mendapat kesempatan menjadi tuan rumah. 

    Ini suatu kebanggan bagi keluarga Keraton Sumedang, dan Kami bersyukur mendapat kepercayaan ini setelah sekian lama kami perjuangkan" papar Luky di Keraton Sumedang, Senin (29/3/2021).

    Luky menerangkan sebelumnya oleh Forum Silaturahmi Keraton Nusantara, Keraton Sumedang dianggap belum layak menjadi tuan rumah karena kekurangan beberapa faktor, tetapi setelah beberapa faktor itu dipenuhi, akhirnya Keraton Sumedang dinilai layak menjadi tuan  rumah.

    "Beberapa faktor itu diantaranya keraton Sumedang dikelola oleh sebuah Yayasan, dan rajanya berganti-ganti seiring pergantian  kepengurusan yayasan, bukan lagi berdasarkan dinasti.

    Nah sejak 2017 kita lakukan revitalisasi penataan keraton termasuk masalah status raja dan fungsi keraton. 

    Sejak saat itulah Keraton Sumedang difungsikan kembali sebagai layaknya kerajaan yang memiliki raja dari keturunan raja-raja sebelumnya, dan funsi keraton sebagai pelestari budaya sesuai undang-undang ditingkatkan perannya" jelasnya.

    Dalam Festival Keraton September 2021 nanti, Luky menjelaskan ada beberapa agenda di dalamnya, diantaranya adalah pertemuan agung dan kirab budaya.

    "Pertemuan agung itu adalah musyawarah para raja membahas berbagai hal, sementara kirab adalah pentas budaya yang menampilkan kekhasan dari keraton-keraton se Nusantara" ungkapnya.

    Menurut Luky, gelaran Festival Keraton itu diharapkan mendapat  dukungan penuh pemerintah Kabupaten Sumedang dan pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai upaya pelestarian budaya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus