Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sinergitas Pemkab Ciamis dan Unigal Sosialisasikan Kelompok Informasi Masyarakat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_42100.jpg

    Ciamis,- Universitas Galuh Ciamis melalui Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Diskominfo Ciamis melakukan pemberdayaan masyarakat melakukan Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa Danasari Kecamatan Cisaga Ciamis, Kamis (22/04/21).

    Pengajar Program Studi Ilmu Pemerintahan Unigal Erlan, Suwarlan mengatakan kolaborasi dengan Pemkab Ciamis dalam hal ini Diskominfo merupakan langkah yang tepat. Diskominfo memiliki tugas dan fungsi dalam membangun dan meningkatkan KIM sebagai kelompok yang berdaya membantu pemerintah dalam diseminasi informasi.

    “Kegiatan ini adalah pengabdian kepada masyarakat dan judul dari pengabdian ini adalah pemberdayaan KIM,“ katanya.

    "Dalam sosialisasi tentu kita berbagi peran dan kami bekerjasama dengan Diskominfo Ciamis dalam pemberdayaan KIM ini,” katanya.

    Lanjut ia menjelaskan bahwa membangun desa itu merupakan tugas semua pihak baik pemerintah, masyarakat dan termasuk kami perguruan tinggi. Maka konteks pengabdian ini salah satu komitmen kami dalam mewujudkan pengabdian kepada masyarakat. 

    Kepala Seksi Informasi Publik Diskominfo Ciamis, Eka Yuda dalam paparannya menjelaskan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

    “Secara regulasi, KIM telah diatur dalam Peraturan Menkominfo No 08 tahun 2019,” jelasnya.

    Di hadapan para peserta sosialisasi, Eka menjelaskan tugas KIM membantu mendesiminasikan informasi publik secara dua arah dari masyarakat kepada pemerintah maupun sebaliknya.

    Eka mendorong masyarakat desa untuk membentuk KIM dan memanfaatkan teknologi yang sudah ada dalam rangka mendesiminasikan informasi sekaligus memfilter atau menangkal penyebaran hoaks di tengah masyarakat.

    Hal ini sangat mungkin mengingat hampir setiap orang pada saat ini memegang gawai yang sudah memiliki koneksi internet dan fitur yang mendukung.

    Eka juga mendorong desa untuk segera membuat website desa SID agar data dan informasi terintegrasi dengan baik sehingga masyarakat dapat membentuk KIM dan mendesiminasikan informasi dengan adanya website desa

    Kepala Desa Danasari Kecamatan Cisaga, Hendaya, mengapresiasi Fisip Unigal dan Diskominfo Ciamis atas kedatangannya dalam upaya mendorong Desa Danasari untuk segera membentuk website desa dan KIM sebagai langkah dalam modernisasi birokrasi dan diseminasi informasi.

    “Kami menyadari pentingnya mengimbangi perkembangan teknologi yang mampu mengembangkan desa. Kami berharap adanya dukungan dan bimbingan teknis dalam proses pembentukan website desa dan KIM dari pemerintah dalam hal ini Diskominfo dan akademisi dalam hal ini Unigal,” pungkasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus