Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BPS Temukan Harga Gabah Dibawah HPP

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/large_bps.jpg

    Bandung – BPS Jabar menyebutkan harga pembelian pemerintah (HPP) gabah kering panen (GKP) telah di tetapkan Rp3.300 per kg. Namun ditemukan adanya petani yang menjual dibawah harga HPP tersebut.

    “Kasus tersebut ditemukan di Kabupaten Cirebon dengan harga GKP terendah Rp3.000 per kg. Harga tersebut lebih rendah Rp300 per kg daripada HPP GKP sebesar Rp3.300 per kg,” ujar Anggoro, Kabid Statistik Distribusi BPS Jabar. Di daerah tersebut, ditemukan sekitar 20 kasus pembelian GKP di bawah HPP.

    Harga jual gabah petani di bawah HPP, mestinya tidak ditemukan lagi. Apalagi, baru-baru ini pemerintah telah menerbitkan Impres No.3 tahun 2012 dan mulai berlaku sejak 27 Februari 2012. Di mana, harga GKP di tingkat petani dipatok Rp3.300 per kg dan Rp3.350 per kg GKP di tingkat penggilingan. Serta HPP gabah kering giling (GKG) Rp4.150 per kg di tingkat penggilingan.

    Lebih lanjut Anggoro menjelaskan, BPS juga menemukan kasus harga gabah kualitas rendah. Tercatat ada sekitar 22 kasus (10,23%). Ke-22 kasus tersebut diantaranya berada di Kabupaten Majalengka 1 kasus, Kabupaten Kuningan 2 kasus, Kabupaten Bogor 6 kasus, dan Kabupaten Sukabumi 13 kasus.  

    “Sementara untuk harga GKG relatif masih dibatas HPP,” ujarnya.

    BPS mencatat, harga GKP tertinggi di tingkat petani dijumpai di Kabupaten Bandung dengan harga Rp4.550 per kg. Rata-rata harga GKP di tingkat penggilingan di Jabar masih pada angka Rp4.913 per kg dan harga GKP rata-rata mencapai Rp3.785 per kg di tingkat penggilingan. tejo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus