Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bunda PAUD Kabupaten Ciamis Gelar Sinergitas Lintas Sektoral

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_42229.jpg

    CIAMIS - Bunda PAUD Kabupaten Ciamis Kania Ernawati Herdiat didampingi Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Gita Griselda D. Putra lakukan rapat kerja pertama Pokja Bunda PAUD di Aula Gedung PKK Kabupaten Ciamis, Senin (3/5/2021).

    Kania menyampaikan bahwa menurut angka penilaian Angka Partisipasi Kasar (APK) dari Provinsi Jawa Barat memang kecil, akan tetapi Menurut hitungan di kita sebetulnya dirasa sudah besar.

    “Hanya berarti tinggal mencari di mana letak kesalahannya, karena saya yakin pendataan kita sudah benar baik dan akurat, sehingga harus segera kita sinkronkan dengan yang di provinsi,” Katanya.

    Ia berharap, Pokja Bunda PAUD dapat melakukan kembali pendataan di PAUD secara detail mulai dari tingkat daerah sampai tingkat bawah, dan juga pembentukan Pokja PAUD di tingkat kecamatan.

    "Lakukan pendataan baik dari tenaga pengajar sampai muridnya. Memang itu bukan hal yang mudah, karena pada pelaksanaanya memang sulit," katanya.

    Kania mengajak untuk bersama-sama mendidik membentuk anak-anak agar generasi penerus di Kabupaten Ciamis menjadi generasi emas berakhlakul karimah dan menjadi generasi yang cerdas.

    “Kita harus bersatu, jangan membedakan, kita sama-sama memajukan pendidikan yang ada di Kabupaten Ciamis,” katanya.

    Menurut Kania, Pengurus Bunda Pokja kabupaten mempunyai tanggung jawab masing-masing, sehingga bunda PAUD, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) sampai desa pendataannya bisa melalui masing-masing jenjang.

    “Saya kira itu yang akan menjadi solusi mempercepat proses pendataan, terlebih akan ada monitoring dan evaluasi (monev) dari tingkat provinsi," katanya.

    Semantara itu Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Ciamis Asep Saeful Rahmat mengatakan, fokus pembahasan rapat tersebut adalah memaksimalkan program Pendidikan Anak Usia Dini atau memasukkan anak usia 6 tahun ke bawah untuk menempuh jenjang pendidikan mulai dari PAUD.

    Kadisdik menerangkan, APK Ciamis saat ini berada pada angka 20,17%, sedangkan di daerah lain angkanya sudah mencapai 41,18%.

    “Kita akan mencari di mana letak kesalahan penghitungan data nya, kita akan siapkan strategi-strategi ke depan dan dijadikan motivasi untuk terus meningkatkan kerja sama dan sinergitas lintas sektoral,” katanya.

    Kadisdik mengatakan terkait biaya memasukkan anak ke-PAUD, ia menegaskan pihaknya akan segera memikirkan hal tersebut agar bisa seperti memasuki pendidikan SD maupun SMP.

    “Sehingga para orang tua yang mungkin tidak semua tingkat ekonominya sama, InsyaAllah ke depan akan kita pikirkan. Semoga tidak ada lagi kekhawatiran di orang tua akan biaya pendidikan anak untuk di masukan ke jenjang PAUD," pungkasnya. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus