Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Stok Pangan di Kota Bandung Aman Jelang Lebaran

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_42250.jpg

    Kota Bandung --- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan bakal tetap menjaga ketersediaan sejumlah stok pangan jelang hari raya Lebaran 2021. Demikian dikemukakan Kepala Bidang Distribusi dan Konsumsi Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung Usep Awaludin.

    Namun menurut Usep, meski stok pangan aman, pihaknya menghimbau masyarakat tetap untuk tidak belanja berlebihan, sehingga fluktuasi harga bisa tetap dalam batas wajar sekalipun terdapat kenaikan.

    "Kita minta masyarakat jangan terlalu berlebihan mengonsumsi. Karena kalau permintaan tidak terlalu tinggi harga pun relatif stabil,” katanya.

    Usep mengaku, sebelum memasuki bulan Ramadan sudah diadakan Rapat Koordinasi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) bersama sejumlah stakeholder, hasilnya para suplier, distributor ataupun produsen bahan pangan dan menyatakan siap menambah pasokan pangan ke Kota Bandung.

    “Jangan khawatir, ketersediaan bahan pangan terjaga dengan aman,” kata Usep di Taman Sejarah Bandung, Selasa (04/05/2021).

    Usep mengungkapkan, sekitar 90 persen kebutuhan bahan pangan utama Kota Bandung dipasok dari luar daerah. Selain sebagai kota besar, Kota Bandung diuntungkan posisinya karena merupakan ibu kota provinsi yang menjadi titik pertama utama pendistribusian bahan pangan.

    “Kalau melihat ketersediaan di Kota Bandung sebagai kolektif distributif, jadi bahan pangan masuk dulu ke Kota Bandung. Setelah itu baru didistribusikan ke kota lain. Jadi insyaallah ketersediaan pangan masih aman,” ujarnya. 

    Usep menambahkan, selain memastikan ketersediaan stok, Pemkot Bandung juga turut memeriksa keamanan dan kesehatan pangan yang masuk. Pemeriksaan dan pengujian dilaksanakan secara berkala untuk menghindari pangan yang tercemar agar tidak masuk ke Kota Bandung.

    "Kita pantau dan periksa pangan yang masuk ke Kota Bandung, ini untuk menjaga keamanan konsumen," imbuhnya.

    Sejumlah komoditi pangan yang didatangkan ke Kota Bandung, diantaranya untuk daging sapi, stok yang masuk ke Kota Bandung didatangkan dari sejumlah daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Kabupaten Bandung dan Garut.

    Kemudian telur itu dari Ciamis, Sukabumi, Tasik, Kabupaten Bandung, Jawa Tengah, dan Blitar. Kalau untuk daging ayam itu ada suplai dari Kabupaten Bandung, Cianjur, Ciamis, Tasik dan Jawa Tengah,” urainya. (Parno/ Humas)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus