Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Yani Jatnika Marwan: Konsep 3R Ubah Sampah dari Masalah Jadi Berkah

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_42273.jpg

    KAB. SUKABUMI --- Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Yani Jatnika Marwan menyampaikan pentingnya pengelolaan sampah melalui konsep 3R yaitu: reuse, reduce, dan recycle.

    Konsep ini mengadaptasi teknologi dan cara  pandang terhadap sampah, sehingga yang awalnya menjadi masalah, sampah pada akhirnya berubah menjadi berkah dan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

    Hal tersebut disampaikan Yani Jatnika saat menghadiri pembagian tabungan bank sampah Insani Mandiri kepada 40 orang anggotanya di MI Kebon Randu yang berlokasi di Desa Sekarwangi, Kabupaten Sukabumi, Rabu (5/5/2021).

    Adapun jumlah tabungan yang dibagikan relatif cukup besar, Yayan salah satunya, yang memiliki tabungan bank sampah hingga Rp. 497.050.

    "Mudah-mudahan kegiatan bank sampah ini dapat ditiru oleh masyarakat di wilayah Kabupaten Sukabumi lainnya. Sehingga di samping dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga juga dapat mengurangi beban sampah yang harus diangkut ke Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPA),” katanya.

    Yani Jatinka mengatakan, dengan pengelolaan sampah yang baik, usia pakai TPA dapat lebih panjang. Selain itu hal ini juga dapat menunjang tercapainya kebijakan dan strategi daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga melalui pengurangan sampah sebesar 30% dan penanganan sampah sebesar 70% pada tahun 2025.

    Pada kesempatan itu, Yani Jatnika juga menyerahkan infaq kepada 10 orang anak yatim.

    Turut dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah DLH, Camat Cibadak dan Kades Sekarwangi. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus