Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Seleksi Mandiri ITB, Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Bisa Gratis Biaya Kuliah

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_42590.png

    BANDUNG - Mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung (ITB) yang masuk melalui jalur ujian Seleksi Mandiri ITB 2021 dapat memilih lima opsi uang kuliah tunggal, mulai dari opsi pembebasan biaya hingga pembayaran secara penuh. Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Pendidikan ITB, Dr.techn. Ir. Arief Hariyanto di Bandung, dalam siaran persnya, Kamis (3/6/2021).

    Dr. Arief menegaskan bahwa Seleksi Mandiri ITB 2021 juga menerima pendaftar pemegang Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) yang jika lolos seleksi akan dibebaskan dari biaya kuliah atau masuk kategori UKT1 Rp0. 

    "Kondisi pandemi telah mempengaruhi kondisi ekonomi Indonesia secara umum, termasuk kepada ITB. Namun demikian ITB tetap berusaha memberikan kesempatan pendidikan terbaik kepada para mahasiswa ITB,” kata Dr. Arief. 

    Selain opsi UKT1 sebesar Rp0 atau bebas biaya untuk pemegang KIP-K, Dr. Arief memaparkan opsi pembayaran UKT lain, yaitu UKT2, UKT3, UKT4 dan UKT5 dengan besaran tiap UKT bervariasi. Pada UKT2, biaya per semester adalah adalah Rp1 juta, UKT3 sebesar Rp12,5 juta per semester dan UKT4 sebesar Rp20 juta per semester. Sementara pada UKT penuh, yaitu UKT5 sebesar Rp25 juta per semester.

    Pendaftaran Seleksi Mandiri ITB 2021 masih dibuka hingga 10 Juni 2021 mendatang dan para peserta dapat langsung memilih program studi yang diinginkan. “Seleksi Mandiri ITB tahun ini akan menerima kurang lebih 1.327 mahasiswa baru,” kata Dr. Arief.

    Mahasiswa baru Seleksi Mandiri ITB 2021 yang telah dinyatakan diterima, dapat mengajukan UKT lebih rendah dari UKT5 melalui formulir pendaftaran yang akan disampaikan melalui website https://admission.itb.ac.id. Dalam pengajuan tersebut, calon mahasiswa wajib menyertakan data pendukung, yaitu data-data yang menyatakan kemampuan ekonomi keluarga.

    “Pengumuman persetujuan pengajuan UKT di bawah UKT5 akan disampaikan sebelum masa pendaftaran ulang, sehingga calon mahasiswa sudah mengetahui sebelum melakukan pendaftaran ulang,” katanya.

    Dr. Arief menegaskan bahwa penerapan UKT yang fleksibel ini juga telah dilakukan pada Seleksi Mandiri ITB 2020 lalu. “Jumlah mahasiswa yang menerima UKT di bawah UKT5 ini tentu akan bervariasi tergantung dari kondisi keuangan keluarga calon mahasiswa dan kemampuan finansial ITB,” kata Dr. Arief menjelaskan. (Teguh)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus