Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Ciamis Kunjungi Pasien Terduga Keracunan Makanan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_42610.jpg

    Kab. Ciamis --- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengunjungi sejumlah pasien yang terduga keracunan massal di Puskesmas Cigayam, kabupaten Ciamis, Jumat (4/6/2021).

    Setidaknya ada 56 pasien secara keseluruhan yang diduga keracunan makanan saat mengikuti sebuah acara di Desa Cigayam, Selasa (1/6/2021).

    "Alhamdulillah ada 56 pasien secara keseluruhan kita sudah berupaya maksimal dari dinas kesehatan dan puskesmas. Intinya kita kompak." katanya.

    Hingga saat ini setidaknya masih ada 14 orang yang masih diberikan perawatan intensif di Puskesmas Cigayam dan sebagian besar pasien telah dinyatakan pulih dan diperbolehkan pulang. Namun masih tetap harus lakukan berobat jalan.

    "Untuk para medis semua bahu membahu untuk penanganan masalah keracunan massal dan sebagian sudah bisa pulang, sudah sehat sudah sembuh. Tinggal 14 orang lagi dirawat di Puskesmas Cigayam dan sebagian lagi ada yang di Banjarsari," katanya.

    Herdiat mengungkapkan keprihatinannya atas kejadian tersebut dan mengatakan bahwa hal tersebut termasuk kejadian luar biasa.

    Herdiat menerangkan kesigapan paramedis yang telah berusaha maksimal dalam menangani kejadian luar biasa ini. Untuk sampel yang diambil dari makanan yang keluar, Herdiat mengatakan Dinas Kesehatan (Dinkes) telah melakukan observasi.

    "Dari Dinas Kesehatan ada dokter Bayu, sudah lakukan penelitian ternyata memang betul dari keracunan makanan,” katanya.

    Herdiat menerangkan lebih lanjut mengenai hasil lab yang sedang diteliti diproses kemungkinan besar dari makanan yang sama.

    Dalam kunjungan tersebut, Herdiat menyempatkan untuk berbincang-bincang dengan sejumlah pasien diduga keracunan makanan dan mendoakan agar lekas pulih.

    Ia juga memberikan sejumlah paket makanan sehat guna mempercepat pemulihan para pasien dan memberikan suntikan moril serta semangat bagi para pasien agar cepat pulih.

    Di akhir kunjungan, Herdiat berpesan kepada masyarakat agar lebih hati-hati dalam mengkonsumsi dan menghidangkan makanan.

    "Makan harus lebih hati-hati, makan harus betul-betul steril tidak boleh sembarangan makan,” ucapnya. 

     

    (Editor: Raehan D. Putri)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus