Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Musrenbang Jabar Dorong Capaian Strategis Pembangunan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gub-musrenbang2012.jpg

    Bandung- Gubernur Jabar Ahmad Heryawan membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jawa Barat di Krakatau Convention Hall Hotel Horison Jalan Pelajar Pejuang 45, Selasa (10/4) pagi. Musrenbang tahun ini mengangkat tema Mengintegrasikan Peran Pemerintahan, Dunia Usaha, Akademisi dan Komunitas dalam Mewujudkan Pembangunan Tematik Sektoral dan Perkuatan Pembangunan Tematik Kewilayahan untuk Mempercepat Terwujudnya Masyarakat Jawa Barat yang Mandiri, Dinamis dan Sejahtera. Agenda tahunan tersebut digelar selama dua hari dan dihadiri oleh Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida S. Alisjahbana dan ratusan undangan lainnya.
     
    Menurut Heryawan dengan tema tersebut maka desakan ataupun seruan pembangunan kepada komunitas  yang berarti penguatan peran aktor lokal pembangunan untuk bersama-sama aktif membangun Jawa Barat. Artinya bahwa pembangunan Jawa Barat didukung oleh semua elemen, baik itu Pemerintahan, dunia usaha, akademisi dan pihak lain terkait upaya bersama menghadirkan masyarakat Jawa Barat yang Mandiri, Dinamis dan Sejahtera. Semua itu dalam kerangka mendorong semua pihak untuk berperan dalam membangun Jawa Barat.
     
    “Membangun Jawa Barat dengan sinergitas seluruh elemen sesuai dengan tema guna mendorong capaian target perekonomian Jawa Barat, yakni; laju pertumbuhan ekonomi sebesar 6,5 hingga 7 persen dan laju pertumbuhan investasi sebesar 14 hingga 16 persen. Hal itu harus didukung dengan terobosan kebijakan diantaranya mendorong pertumbuhan sektor unggulan, pengendalian jumlah penduduk, penyediaan lapangan kerja, iklim investasi yang kondusif serta peningkatan peran swasta dan BUMD,” tuturnya.
     
    Lebih lanjut Heryawan menyatakan untuk mendongkrak itu semua maka dirinya mewajibkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah atau OPD dan Biro untuk mengikuti Program Sistem Manajemen Mutu, Pemantapan Sistem Satu Data Pembangunan Jawa Barat tentunya dengan memperkuat tenaga analis kebijakan pembangunan. Selain itu, mendorong sejumlah capaian yang bersifat monumental seperti; Peningkatan kualitas pendidikan, Peningkatan kualitas kesehatan, Kemandirian pangan, Peningkatan kinerja aparatur, Pengembangan infrastruktur wilayah, Kemandirian energi dan kecukupan air baku, Penanganan bencana dan lingkungan hidup, Pembangunan perdesaan dan Pengembangan budaya dan daerah tujuan wisata.
     
    Heryawan menjelaskan, Musrenbang tahun 2012 ini digelar untuk merancang kegiatan dan program pembangunan tahun 2013. Menurutnya, hasil pembangunan di tahun 2011 serta pelaksanaan pembangunan tahun 2012 tetap menjadi pijakan dalam penyusunan program pembangunan tahun 2013. "Keberlanjutan dan kesinambungan program pembangunan merupakan implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Barat 2008-2013," imbuhnya. Pada kegiatan tersebut, Gubernur juga meresmikan Aplikasi Jabar Online dan Dokumen Perspektif Pembangunan di Jawa Barat sebagai simbol perencanaan di tahun pamungkas kepemimpinannya.
     
    Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ir. Irfan Suryanagara mengimbau agar pelaksanaan Musrenbang dapat diselenggarakan dengan sebaik-baiknya. Karena agenda Musrenbang adalah urat nadi yang mendasari pembangunan di semua elemen masyarakat Jawa Barat. "Perlu diketahui, Musrenbang ini menjadi pengawasan masyarakat. Untuk itu harapan kami selaku penggodok anggaran, pihak-pihak terkait dapat melaksanakannya sebaik mungkin," tegasnya. Sedangkan dalam sambutan Menteri Negara Armida S. Alisjahbana mengupas empat isu besar nasional yang harus juga disikapi dengan bijak oleh semua provinsi di Indonesia dalam pencapaian target pembangunan.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus