Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wabup Ciamis : Pelayanan Publik adalah Wujud Nyata Kehadiran Pemerintah

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_42692.jpg

    Kab. Ciamis --- Sebagai langkah evaluasi dan optimalisasi pelayanan publik, Pemerintah Daerah  Kabupaten (Pemdakab) Ciamis bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan unsur terkait lainnya melakukan rapat koordinasi yang dilaksanakan di Aula Setda Kabupaten Ciamis secara virtual, Senin (14/06/2021).

    Rapat koordinasi tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Ciamis Yana D. Putra, dalam paparannya menuturkan bahwa esensi dari pelayanan publik adalah wujud nyata hadirnya pemerintah di tengah masyarakat.

    Selanjutnya, Wabup Ciamis menyampaikan bahwa berdasarkan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman RI pada tahun 2018, Kabupaten Ciamis berhasil meraih predikat kabupaten tertinggi dalam penilaian pelayanan publik tingkat nasional dengan nilai 99,96.

    Pada bulan Juni-September 2021, Ombudsman RI akan kembali melakukan penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik di lingkungan Kabupaten Ciamis.

    “Kendati demikian, itu semua tidak semata-mata untuk penilaian saja, melainkan untuk mendorong terwujudnya pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Tatar Galuh Kabupaten Ciamis,” jelasnya.

    Lebih lanjut, Yana D Putra mengatakan budaya melayani menjadi kunci utama dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, selain itu juga pelayanan harus diberikan secara ramah, sopan dan santun, 

    Optimalisasi penerapan standar pelayanan publik sejalan dengan Undang-Undang No 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik yang mengamanatkan kepada setiap penyelenggara pelayan publik untuk menyusun, menetapkan dan menerapkan standar pelayanan.

    Wabup Ciamis menjelaskan jika standar pelayanan merupakan pedoman atau acuan dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat antara lain meliputi standar persyaratan, standar mekanisme (prosedur), standar waktu penyelesaian layanan, standar biaya (tarif) dan produk layanan.

    Selain itu, Wabup Ciamis juga berpesan jika ditengah pandemi ini ada sedikit perubahan untuk penyesuaian dalam proses pelayaan, yakni melalui pelayanan secara elektronik, guna mengurangi mobilitas dan kerumunan masyarakat. Wabup berharap dengan adanya pelayanan elektronik ini dapat menjadikan pelayanan Pemdakab Ciamis menjadi lebih cepat, tepat, efektif, efisien dan akuntabel.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus