Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Harganas, Momentum Wujudkan Ketahanan Keluarga Saat Pandemi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_42887.jpg

    Kab. Purwakarta --- Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 menyatakan keluarga merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan manusia dan kesehatan keluarga harus menjadi prioritas utama yang harus dijaga. 

    Anne menghadiri secara virtual Harganas ke-28 tahun 2021 bersama Wakil Presiden RI di Aula Janaka, Komplek Kantor Pemkab Purwakarta, Selasa (29/6/2021).

    "Intinya untuk di Kabupaten Purwakarta saya sebagai Bupati Purwakarta mengajak masyarakat untuk menjadikan keluarga menjadi pertahanan untuk menghadapi COVID-19. Sehingga anggota keluarga akan terhindar dari pandemi yang masih tetap berlangsung ini," kata Ambu Anne --- sapaan Anne Ratna Mustika. 

    Menurutnya, keluarga harus menjadi fondasi utama dalam pembentukan pertahanan dan ketahanan nasional. 

    "Kemudian keluarga harus menjadi wadah pendidikan yang utama dan yang pertama bagi anak-anak kita sehingga dari situ lah akan lahir generasi unggul untuk Purwakarta Istimewa dan Indonesia Maju," ucapnya.

    Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Purwakarta telah meluncurkan gebrakan melalui berbagai program kesehatan yang terus mendorong masyarakat untuk meningkatkan pola hidup dan lingkungan yang sehat. 

    Selain itu, Pemdakab Purwakarta juga tak hentinya untuk menekankan masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan di lingkup keluarga. 

    "Bagi kami, momentum peringatan Harganas ini akan dijadikan sebuah momentum dalam meningkatkan intervensi kita dalam membentuk keluarga yang sehat, kuat dan tangguh, unggul dan mandiri serta sejahtera, sesuai dengan tema Harganas Nasional, yaitu keluaga keren cegah stunting," kata Ambu Anne.

    Sementara, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta Yayat Hidayat mengatakan, Harganas ke-28 yang masih di tengah pandemi COVID-19 saat ini harus dijadikan momentum bagi seluruh elemen masyarakat bersama pemerintah dalam upaya menurunkan angka stunting dan menjadikan keluarga sebagai pusat ketahanan utama dalam segala hal, termasuk dalam menjaga diri dari paparan COVID-19. 

    "Peringatan Harganas dengan mengusung tema Keluarga Keren Cegah Stunting. Karena lebih dari 1 per 4 balita di Indonesia termasuk di Purwakarta masuk kategori stunting," tutur Yayat.

    Yayat merinci, tahun 2021 ini, ada 30 desa di Kabupaten Purwakarta yang di lakukan pembinaan mengenai permasalahan stunting

    "Berdasarkan data di tahun 2021 ada 821 anak di kabupaten Purwakarta alami stunting, dengan dilakukan di 30 desa yang dibina, maka diharapkan anak yang alami stunting akan berkurang di tahun 2022. Ditargetkan 15 % sampai 20% untuk penurunannya," ujar Yayat.

    Dengan momentum Harganas Yayat berharap para keluarga di Kabupaten Purwakarta dapat berkolaborasi dengan Pemdakab Purwakarta untuk menurunkan angka stunting melalui peningkatan kualitas gizi anak, ibu hamil serta ibu menyusui. 

    (Editor: Fauziah Ismi)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus