Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov. Jabar Tahun ini Akan Monitoring Alih Fungsi Lahan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/pangan_sawah.jpg

     

    Pemprov. Jabar, sehubungan dengan telah diterbitkannya UU Nomor 9 Tahun 2009 tentang Lahan Pangan Berkelanjutan, dalam tahun ini akan melakukan monitoring alih fungsi lahan, yang disinyalir terjadi perubahan  pemanfaatan lahan sawah menjadi lahan lain diantaranya industri dan permukiman.
     
    Hal demikian, diungkapkan Asisten Perekonomian Pemprov. Jabar, Wawan Ridwan ketika dihubungi jabarprov.go.id di sela-sela kegiatan rapat Pansus LKPJ, Selasa sore (17/4). Wawan, lebih lanjut mengungkapkan Monitoring akan dilakukan di seluruh Kabupaten di Jabar. Adapun fokus monitoring akan dilakukan pada izin-izin yang diterbitkan Pemkab karena setiap Kabupaten/Kota mempunyai Perda tentang RTRW sehingga dalam Perda tersebut telah diberikan aturan tentang zonasi penggunaan lahan.
     
    Implikasi atas hal tersebut, jika Perda tersebut ditaati oleh Kabupaten setempat, tidak akan ada lagi alih fungsi yang menimpa lahan produktif persawahan. Tentang alih lahan fungsi yang melanda sawah, belum ada laporan resmi ada tidaknya serta berapa luasan arealnya. Melalui monitoring tersebut, ujar Wawan diantaranya akan terungkap ada tidaknya alih fungsi lahan serta luasan areal yang terkena.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus