Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov. Jabar Siap Wujudkan Kemandirian Pangan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/dprd_jabar.jpg

    BANDUNG- Gubernur Jabar, dalam sidang paripurna dengan agenda penyampaian jawaban Gubernur Jabar terhadap pemandangan umum Fraksi-Fraksi atas 10 Raperda yang berlangsung (18/4) mengungkapkan Pemprov. Jabar siap mewujudkan kemandirian pangan.

    Untuk mewujudkan hal tersebut, untuk strategi perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan dan permukiman secara proporsional terus diupayakan melalui peningkatan kesadaran semua pihak, untuk kepentingan hal tersebut dalam waktu dekat akan segera mengimplementasikan Perda Nomor 27 Tahun 2010 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan secara konsisten.

    Jabar, terus konsisten mempertahankan predikat lumbung pangan nasional. Dalam pelaksanaannya akan berkoordinasi dengan Pemkab/Pemkot, dilakukan dengan langkah-langkah : penyusunan perencanaan penyelenggaraan kemandirian pangan di daerah sesuai dengan RPJPD dan RPJMD serta penyusunan perencanaan penyelenggaraan kemandirian pangan oleh Pemkab/Pemkot, mengacu pada perencanaan penyelenggaraan kemandirian pangan daerah.

    Pencapaian kemandirian pangan dilaksanakan secara bertahap, terutama untuk komoditas strategis dengan memperhatikan potensi dan kesiapan Kabupaten/Kota serta kemampuan anggaran.

    Dalam rangkaian upaya membangun kemandirian pangan, juga dilakukan melalui pengendalian tata niaga produk pertanian mulai dari produksi, distribusi sampai konsumsi sebagian besar diserahkan kepada mekanisme pasar.

    Sementara itu, ujar Gubernur untuk beberapa kegiatan antara lain : regulasi distribusi pupuk, penyediaan benih unggul, distribusi raskin, operasi pasar, penyaluran cadangan pangan pemerintah dan fasilitasi permodalan dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus