Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pastikan Penanganan Pasien COVID-19, Staf Ahli Kemenkes Kunjungi Purwakarta

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_43378.jpg

    Kab. Purwakarta --- Berkaitan dengan pemantauan dan perawatan pasien dan kasus kematian akibat COVID-19 di Kabupaten Purwakarta, staf ahli Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) kunjungi Purwakarta.

    Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan jajaran Forum Koordinasi Pimpiman Daerah (Forkopimda) setempat menerima secara langsung kunjungan tersebut di Bale Nagri, Kabupaten Purwakarta, Selasa (3/8/2021).

    Staf ahli Kemenkes Monica R. Nirmala mengatakan tujuan dari kunjungan kali ini yaitu untuk mengetahui langsung persoalan perawatan rumah sakit rujukan COVID-19 di Purwakarta dalam menangani pasien COVID-19.

    "Terkait dengan pandemi di Kabupaten Purwakarta, dapat bertemu dengan Ibu Bupati langsung, Dandim, Kapolres, Sekda dan seluruh jajarannya. Kami memantau kasus kematian dan perawatan rumah sakit dari waktu ke waktu. Kita banyak berdiskusi tentang hal itu, sebetulnya profilnya mirip dengan daerah lain yang mengalami angka kematian yang cukup tinggi," katanya.

    Menurutnya, dalam hal kasus kematian akibat COVID-19 dikarenakan pasien COVID-19 yang bergejala berat hanya melakukan isolasi mandiri di rumah, sehingga dalam penanganannya tidak terpantau oleh nakes, terlebih saat ini sudah terdapat varian dari COVID-19 jenis delta yang dinilai cukup berbahaya.

    "Kita berdiskusi terkait penanganan angka kematian yang tinggi itu jadi bagaimana pasien itu tidak melakukan isoman dirumah masing-masing, karena dengan varian COVID-19 jenis delta ini perburukan kepada pasien tersebut sangat cepat," katanya.

    Oleh karena itu, pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat apabila terkonfirmasi positif COVID-19 dengan gejala berat agar langsung datang ke rumah sakit rujukan COVID-19 agar ditangani secara medis dengan maksimal.

    "Jadi alangkah baiknya kalau pasien itu ditangani sejak dini dan dipantau setiap hari jadi ketika ada sedikit gejala perburukan langsung ketahuan, jadi langsung bisa dirawat di rumah sakit yang lebih memadai dibandingkan di rumahnya masing-masing," katanya.

    Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengungkapkan ia dan jajaran Forkopimda menerima kunjungan Staf Ahli Kemenkes RI dan Staf Khusus Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI di Bale Nagri Purwakarta dalam rangka sinkronisasi data berkaitan dengan penanganan COVID-19.

    "Semoga koordinasi ini akan menjadi jalan dalam meningkatkan upaya Satgas COVID-19 Purwakarta untuk mengendalikan laju penyebaran COVID-19 dan menurunkan angka kematian di Purwakarta," imbuhnya. 

    (Editor: Raehan Putri)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus