Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Desiminasi Akses Kesertaan Ber KB Melalui Jampersal

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Mobil-kb.jpg

     

    Program kependudukan dan keluarga pemprov Jabar merupakan bagian dari pembangunan kependudukan dan keluarga nasional yang mengarah pada upaya perwujudan visi Penduduk Tumbuh Seimbang 2015.  Program kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Barat sampai tahun 2011 belum sepenuhnya teratasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan pelayanan maksimal terhadap berbagai permaslahan pokok yaitu masih tingginya Angka Kematian Ibu(AKI) di Indonesia yaitu 228/100.000 kelahiran hidup.  Kematian ibu tersebut disebabkan karena kehamilan,persalinan dan nifas.Kematian ibu tersebut sebenarnya dapat dikurangi dengan menghindari berbagai penyebab kematian.
     
    Demikian dikatakan kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat Siti Fathona pada acara Sosialisasi/desiminasi akses dan kualitas kesertaan ber-KB jalur pemerintah tingkat Provinsi dan Kabupaten kota ( Jampersal) bertempat di Banana Inn Jalan Setiabudi Kota Bandung.
     
    Siti Fathoha lebih lanjut memaparkan  menginggat cukup tingginya jumlah kelahiran dan keguguran maka diperlukan suatu perencanaan kehamilan yang diinginkan.Perencanaan kehamilan dapat dilakukan melalui penggunaan kontrasepsi dan salah satu kegiatan yang strategis adalah melaui KB Pasca Persalinan dan Pasca Keguguran.
     
    Untuk itu Kementrian Kesehatan RI  mempunyai kebijakan Program Jaminan Persalinan (JAMPERSAL).Jampersal merupakan jaminan pembiayaan persalinan yang dalam program ini meliputi pemeriksaan kehamilan,pertolongan persalinan dengan berbagai komplikasi kehamilan,pelayanan nifas termasuk pelayann KB Pasca Persalinan.
     
    Guna mensukseskan program tersebut BKKBN merupakan mitra strategis sehingga dapat mendukung percepatan pencapaian mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera serta meningkatkan akses dan kualitas pelayan KB ( terutama KB Metode Kontasepsi Jangka Panjang) dan Kesehatan Reproduksi di era desentralisasi,melalui Program Jampersal.
     
    Sedangkan tujuan khususnya adalah tersosialisasinya pelayanan KB  melalui Jampersal,meningkatkan pelayann KB melalui Jampersal,memperkuat komitmen dengan tenaga medis Kabupaten/Kota tentang Jampersal.
     
    Kegiatan itu menapilkan narasumber dari Deputi Bidang KB-KR BKKBN,Kepala Perwakilan Jabar Siti Fathona,Kadinkes Jabar,Asisten Kesra dan pemaparan dari Kota Depok,Kabupaten Bogor dan Cirebon tentang program Jampersal.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus