Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kejar Target Jabar Caang, PLN Listriki Desa Terpencil di Cianjur Selatan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_43885.jpg

    KOTA BANDUNG - Sekitar 600 warga desa Karyamukti dari Kampung Cikuya, Kampung Cikadu, dan Kampung Sikluk Cianjur Selatan kini sudah dapat menikmati aliran listrik.

    Proses penyambungan listrik PLN ini menggunakan dana sebesar Rp1.62 miliar yang digunakan antara lain untuk membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 23,6 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 1,9 kms, dan 16 gardu distribusi dengan total kapasitas 800.000 VA atau 16 gardu x 50 kilo Volt Ampere (kVA).   

    “Cianjur Selatan ini kondisi geografis sangat menantang. Begitupun ketersediaan infrastuktur jalannya yang terbatas dan cuaca yang kadang berubah-ubah sehingga kalau hujan tidak bisa dilewati. Oleh karenanya, kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang turut berjuang bersama dalam menerangi desa ini,” ujar Imam Ahmadi, Manager Unit Pengelolaan Pelayanan Pelanggan Cianjur, Senin (13/9/2021).

    Imam menjelaskan bahwa lokasi desa yang terpencil, (berjarak 194 km atau waktu tempuh 6 jam 50 menit dari pusat kota), kondisi insfrastruktur jalan yang terjal, berbatu cadas, bergelombang, dan belum seluruhnya beraspal serta kontur naik turun membuat petugas bekerja lebih ekstra.

    Bahkan ketika hujan turun, kendaraan dobel gardan pun cukup kesulitan untuk melintasi medan dengan membawa material seperti tiang dan kabel. Meski demikian, sesuai dengan program transformasi PLN yaitu Customer Focused dan komitmen menerangi negeri, PLN  berhasil menyelesaikan jaringan listrik

    “Dengan telah dibangunnya jaringan listrik di desa tersebut, maka jumlah pelanggan telah menikmati listrik sebanyak 210 pelanggan,” ujar Imam. 

    H. Herman Suherman Bupati Kab. Cianjur mengapresiasi PLN yang telah bekerja keras mengalirkan listrik ke desa di wilayahnya dan mewujudkan salah satu program pemerintah Kabupaten Cianjur, Cianjur Ca’ang. Pihaknya mengajak warga untuk  bersinergi bersama menjaga aset milik PLN.

    “Saya nitip jaga pelihara tiang listrik dan jalur – jalurnya, kalau ada pohon yang menggangu cepat laporkan ke pengaduan PLN. Selain itu, ayo turut serta membangun Kabupaten Cianjur dengan membayar tagihan listrik tepat waktu di mana ada Pajak Penerangan Jalan Umum didalamnya,” pungkas Herman. 

    (Rep.Teguh)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus