Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Isu Kenaikan BBM Hambat Produksi Manufaktur Jabar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/mobil12.jpg

     

    Bandung -  Produksi industri manufaktur di Jawa Barat terhambat isu kenaikan atau pembatasan BBM bersubsdi , yang sampai saat ini masih belum jelas kepastiannya.Pelaku usaha menunggu ketegasan pemeritah sebelum menambah produksinya.
     
    Kepala Bidang Statstik Produksi Badan Pusat Statistik Jawa Barat, Ruslan mengatakan pertumbuhan produksi industri manufakur besar sedang (IBS) triwulan I tahun 2012 sebesar -1,53% (q-to-q) dari triwulan IV/2011. Angka ini lebih rendah dibandingkan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 0,59%.
     
    "Pertumbuhan produksi industri manufaktur Jabar pada triwulan ini cenderung lambat salah satunya akibat isu kenaikan BBM," ujarnya.
     
    Dia menjelaskan pelambatan tersebut menjadi gambaran dini pengaruh isu kenaikan BBM. Pemerintah dinilai perlu memberikan ketegasan terkait BBM bersubsidi.
     
    Sekarang ini banyak pelaku yang menahan diri untuk berproduksi karena menunggu ketegasan pemerintah. Mereka memilih untuk menghabiskan stock sisa atau produksi secara terbatas saja. Selain karena isu kenaikan BBM, sektor otomotif juga terpengaruh kebijakan pembatasa DP kendaraan.
     
    Lebih lanjut dia menuturkan industri yang menunggu ketegasan pemerintah adalah sektor kendaraan bermotor. Para pelaku menunggu keputusan pemeritah yang ingin melakukan pembatasan konsumsi BBM bersubsidi dengan skema besaran cc kendaraan. Terlebih, Jabar memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan nasional karena hampir 60% industri berada wilayah Jabar. Tejo
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus