Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Puncak Karya Kreatif Indonesia, Pemprov Jabar dan BI Memamerkan UMKM Unggulan Secara Virtual

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_44022.jpg

    KOTA BANDUNG - Bank Indonesia Jawa Barat kembali bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat, OJK dan BMPD Jawa Barat menyelenggarakan showcasing UMKM terpilih. 

    Kegiatan ini dilaksanakan dalam acara Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 yang diselenggarakan secara virtual secara nasional. Di Jabar acara berlangsung di Savoy Homann Hotel,  Bandung, Kamis (23/9/2021).

    Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, showcasing KKI Jawa Barat kali ini mengusung tema “Green Growth Economy; Lestari ALamku, Lestari Bisnisku”. Showcasing menampilkan produk UMKM mitra BI Jawa Barat yang telah menerapkan konsep green economy dalam pengembangan produknya.

    Pemilihan tema ini sekaligus sebagai salah satu wujud concern BI Jawa Barat terhadap pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan aspek pelestarian lingkungan. 

    Kepala Bank Indonesia Jabar Herawanto mengatakan kolaborasi antara BI Jabar dengan Pemprov Jabar akan terus dilakukan untuk membantu UMKM potensial dimasa pandemi. Salah satunya melalui pameran virtual KKI 2021.

    " Alhamdulillah,  di Jabar semua terlibat dalam kolaborasi untuk pengembangan UMKM. Terutama bagi UMKM yang berkualitas," ujarnya.

    UMKM yang akan dibantu dalam pengembangan usahanya adalah yang berkualitas, yang melek IT dan berorientasi ekspor. Salah satunya UMKM green produk. Sebab biasanya akan lebih mudah masuknpasar ekspor. Bersama OJK, BI juga akan mendorong perbankan untuk membantu UMKM dalam mendapatkan modal dari bank.

    Hal ini juga selaras dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo, menyebutkan bahwa green growth economy memiliki peluang besar untuk dikembangkan mengingat konsep ini memastikan semua aspek bertumbuh dan berkembang, meliputi pertumbuhan ekonomi, inklusivitas sosial, pengentasan kemiskinan dan environmental sustainability yang diharapkan dapat mendorong green investment sebagai alternatif pengembangan produk UMKM ke depan.

    Konsep green growth economy dalam pengembangan UMKM tersebut telah diimplemetasikan BI Jawa Barat kepada 4 (empat) Wirausaha Unggulan BI Jawa Barat (WUBI) di produk fashion yang berkolaborasi dalam sebuah brand “SAGARAYASA”.  

    Ke-4 wirausha muda ini merupakan 4 dari 24 WUBI tahun 2021 yang telah menjadi mitra BI Jawa Barat dan disiapkan menjadi New UMKM sebagai kekuatan ekonomi nasional yang bercirikan pemanfaatan digital secara end-to-end dan berorientasi ekspor. 

    Konsep green economy yang diusung SAGARAYASA dilakukan mulai dari pemilihan bahan baku benang dan kain yang bersumber dari limbah yang diolah lebih lanjut dan pewarnaan yang menggunakan bahan-bahan alam. Disamping itu, dalam mewujudkan karyanya, SAGARAYASA memberdayakan tenaga kerja, khususnya wanita (ibu-ibu) yang berada di lingkungan sekitar. Hal ini sebagai wujud upaya memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar.

    Berbagai prestasi menggembirakan telah berhasil diraih SAGARAYASA, antara lain berhasil mengikuti Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) showcase di Sydney, Australia. (Guh)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus