Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    DKP Garut Beri Bantuan Pangan Untuk Penanganan Stunting di Kecamatan Banjarwangi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_44109.jpg

    GARUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Garut melaksanakan program Diversifikasi dan Ketahanan Pangan Masyarakat dengan memberikan bantuan pangan dalam rangka penanganan stunting di Desa Kadongdong, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Rabu (29/9/2021).

    Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan DKP Garut, Yani Yuliani mengatakan kegiatan pemberian bantuan berupa paket makanan ini merupakan salah satu kegiatan dari Gerakan Konsumsi Pangan B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman).

    “Jadi kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Ketahanan Pangan dalam penanganan status anak yang dengan stunting. Jadi kebetulan di Kecamatan Banjarwangi termasuk 5 desa, termasuk 20 besar desa stunting, ini (5 desa di Kecamatan Banjarwangi) ada sekitar 545 kurang lebih anak dengan status stunting", ujar Yani.

    Pada kesempatan ini, DKP Garut memberikan kurang lebih 600 paket makanan tambahan untuk penanganan stunting di Kecamatan Banjarwangi, dan ia berharap kegiatan ini bisa dilakukan secara berkesinambungan. “Sebetulnya gini untuk situasi sekarang memang menjadi salah satu sasarannya adalah anak yang stunting. Untuk kegiatan kami sebetulnya berbasis masyarakat. Jadi bantuan ini insyaallah mudah-mudahan berkesinambungan dan kita memang sasarannya juga tidak hanya sasaran yang stunting, tapi kita ingin semua masyarakat yang memang layak untuk kita beri bantuan (bisa) dilibatkan dalam kegiatan Gerakan Konsumsi Pangan B2SA", lanjutnya.

    Yani berharap kegiatan ini sedikitnya bisa meringankan beban keluarga penyintas stunting di Kabupaten Garut khususnya yang ada di Kecamatan Banjarwangi agar bisa kembali memiliki status gizi yang layak dan juga sehat. “Harapannya kita paling tidak sedikit meringankan beban, karena memang tidak bisa menutup mata bahwa salah satu penderita stunting ini banyak yang dari kondisi ekonomi yang mungkin kurang berkecukupan. Tapi paling tidak mudah-mudahan ini bisa menjadi satu upaya bisa mengembalikan mereka paling tidak ke status gizi yang layak", ujarnya.

    Sementara Camat Banjawangi, Bambang Hernowo berterimakasih dengan adanya bantuan pangan dari DKP Kabupaten Garut dalam rangka penanganan stunting di Kecamatan Banjarwangi. “Alhamdulillah dengan adanya Satgas Stunting ini memang semua lini bergerak termasuk juga dalam pemberian makanan, dari DKP juga saya mengucapkan banyak terimakasih dan mudah-mudahan ini bukan hanya untuk yang lokusnya saja karena kita membutuhkan dalam hal bukan penanganan ya, tapi dalam hal pencegahan dan insyaallah mungkin nanti juga dilanjut kebijakan yang ada di desa", ucap Bambang.

    Bambang menyatakan, pihaknya akan terus melakukan upaya-upaya untuk menekan angka stunting di wilayahnya. “Tentunya sesuai dengan program pemerintah dan pimpinan di tingkat kabupaten kita berupaya untuk menurunkan angka stunting, dan dengan berbagai pihak tentunya dan kita satu tim yang utuh untuk melaksanakan hal itu", tandasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus