Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemdakab Purwakarta Gelar Ziarah Nasional dalam Rangkaian HUT TNI ke-76

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_44156.jpg

    Kab. Purwakarta --- Para penerus bangsa yang hari ini mengenang jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur harus memancang tekad untuk meneruskan perjuangan mereka dalam perjuangan yang lainnya, seperti perjuangan dalam penanggulangan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

    Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika disela Upacara Ziarah Nasional pada rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-76 Tahun 2021, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sirnaraga, Kabupaten Purwakarta, Senin (4/10/2021).

    Menurut Ambu Anne --sapaan Anne Ratna Mustika-- kegiatan upacara ziarah dan tabur bunga di TMP Sinaraga Purwakarta merupakan agenda rutin setiap tahun, yang dilaksanakan untuk mengenang, menghormati, serta menauladani jasa-jasa para pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur dalam membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatauan Republik Indonesia (NKRI). Kegiatan ini juga masih dalam rangkaian menyambut HUT ke-76 TNI tahun 2021.

    "Dalam rangka HUT ke-76 TNI dilaksanakan kegiatan ziarah dan tabur bunga di TMP Sinaraga Purwakarta, untuk menghormati jasa para pahlawan khususnya di wilayah Purwakarta, semangat para pahlawan ini harus selalu ada pada dalam diri kita khususnya generasi muda di Kabupaten Purwakarta," katanya.

    Ambu Anne mengtakan, dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan dapat menginspirasi generasi penerus agar dapat mencontoh semangat juang, cinta, tanah air, pantang menyerah dari para pendahulu kita untuk meneruskan perjuangan mempertahankan NKRI tercinta.

    "Acara puncak HUT TNI ke-76, besok di pendopo," katanya.

    Menurut Ambu Anne, ziarah nasional di makam pahlawan ini memiliki makna yang penting dan lebih jauh lagi, ziarah untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan.

    "Tapi dalam konteks ziarah makam punya makna yang lebih jauh, yaitu untuk mengenang jasa-jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah memerdekakan negeri ini dari penjajahan," katanya.

    Dengan demikian, lanjut Ambu Anne, sebagai generasi penurus ikut merasakan bagian dari anak bangsa yang harus turut berjuang untuk kemerdekaan ini dengan membangun negeri ini menjadi lebih baik. Ia juga berharap, generasi penurus bangsa agar terus mendoakan para pahlawan yang telah gugur di medan perang.

    Sementara, Dandim 0619 Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan mengatakan, acara tabur bunga ini dalam peringatan HUT TNI Ke-76, ini dilaksanakan setiap tahun untuk mengenang jasa para pahlawan khusunya yang ada di Purwakarta, tadi berdoa bersama-sama Forkopimda dan unsur TNI-POLRI, serta rekan-rekan yang lain yang ada di Kabupaten Purwakarta.

    Dalam upacara tersebut, Dandim bertindak sebagaai Inspektur Upacara. Tururt hadir, Kapolres Purwakarta, Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta, unsur Kejaksaan Purwakarta, unsur Kepala Perangkat Daerah Purwakarta, dan sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat.

    Letkol Arm Krisrantau Hermawan menjelaskan, bahwa ziarah ke makam pahlawan ini merupakan rangkaian HUT ke-76 TNI.

    "Kegiatan ini bertujuan untuk mengingat kembali atas jasa-jasa pahlawan, sehingga dapat menjadi motivasi bagi prajurit untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas," ungkap Perwira TNI AD yang akrab disapa Kris itu.

    Ia menambahkan, kegiatan ini juga merupakan bentuk penghormatan TNI-Polri kepada pahlawan yang telah gugur.

    "Kegiatan ziarah seperti ini selain sebagai penghormatan juga untuk mengenang jasa arwah para pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan. Juga dapat membangkitkan kembali semangat perjuangan para pahlawan terdahulu yang diaplikasikan pada pelaksanaan tugas anggota TNI-Polri," imbuhnya.
    (Diskominfo Purwakarta/Luthfi)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus