Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemdakab Ciamis Lakukan Sosialisasi Pendampingan Pelaksanaan PTM Terbatas dan PHBS

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_44303.jpg
    Kab. Ciamis --- Dalam upaya meningkatkan kenyamanan dan keselamatan siswa di masa pandemi, Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab Ciamis) melakukan sosialisasi pendampingan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bertempat di Aula Sekretariat Daerah Ciamis, (Kamis, 14/10/2021).
     
    Disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Ciamis Eni Rochaeni, memaparkan sesuai pengetatan dan pembiasaan hidup bersih dan sehat juga ini di harapkan dapat menjadi kebiasaan yang berlanjut bukan hanya pada saat pandemi COVID-19.
     
    Dalam mewujudkan hal tersebut, strategi pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Kabupaten Ciamis yang telah dirancang diantaranya yaitu :
    1. Penguatan Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Kabupaten;
    2. Penguatan dan Pembinaan Tim Pembina UKS Kecamatan;
    3. Penguatan dan Pembinaan Tim Pelaksana UKS Sekolah/Madrasah;
    4. Peningkatan kapasitas pelaksana UKS, meliputi : guru UKS, petugas kesehatan, dokter kecil, kader kesehatan remaja/konselor sebaya;
    5. Pembangunan sekolah berwawasan kesehatan;
    6. Peningkatan pendidikan perilaku hidup bersih sehat dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat
    7. Peningkatan Peran lintas sektor dalam pembinaan UKS/M;
    8. Penggalangan dukungan masyarakat,  swasta dan dunia usaha.
     
    Eni juga menginformasikan, Kabupaten Ciamis sudah melaksanakan vaksinasi bagi pendidik, tenaga kependidikan maupun pada anak sekolah dan remaja di setiap sentra vaksinasi bagi pendidik/tenaga kependidikan serta anak sekolah /madrasah /pesantren.
     
    “Pelaksanaannya di sentra-sentra vaksin sekolah/ gedung gebyar vaksinasi anak sekolah di mulai dalam rangka memperingati hari Anak Nasional tanggal 28 Juli 2021 bertempat di RSOP Ciamis dengan sasaran vaksinasi anak remaja Kabupaten Ciamis sebanyak 117.950, dan yang sudah divaksin sebanyak 2.025,” paparnya.
     
    “Sekalipun sudah dilakukan vaksinasi, kita akan terus meningkatkan pelayanan termasuk ketersediaan sarana dan prasarananya juga. Ini sebagai bentuk tanggung jawab kami untuk menjaga keselamatan dan kesehatan siswa dan siswi,” imbuh dr. Eni
     
    Insya Allah Ciamis akan bikin terobosan namanya Pengembangan Program Anak Usia Sekolah dan Remaja (Ausrem ) melalui Penerapan SI KeRen Halo CINTA,” ungkap Eni.
     
    Tim Monev pembina UKS/M Provinsi Jawa Barat, Muftiah Yulismi menuturkan tujuan program ini adalah meningkatkan kesehatan, mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik yang tercermin dalam kehidupan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) dan lingkungan sekolah yang sehat sehingga memungkinkan peserta didik mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.
     
    UKS/M sebagai salah satu instrumen atau elemen yang sangat substantif dan juga sangat fundamental diharpakan mampu mewujudkan lembaga pendidikan yang bermutu dan berkualitas dengan fundamental yang kuat dengan beberapa menteri.
     
    “Program ini berdasar pada Implementasi Inpres No 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat (germas) oleh kemendikbud yaitu Meningkatkan kegiatan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah),” jelas Muftiah.
     
    Lebih lanjut, Muftiah menjelaskan UKS merupakan upaya satuan pendidikan dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan serta meningkatkan kemampuan hidup sehat, dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
     
    Editor : Fauziah Ismi Desiana
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus