Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dengan Gerakan Dordar, Kecamatan Cisewu Bisa Sumbangkan 300 Labu per Triwulan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_44499.jpg

    Kab. Garut –  Meski di masa Pandemi Covid-19, Kecamatan Cisewu masih tetap bisa menyumbangkan 300 labu per bulan, melalui program yang digagas oleh Camat Cisewu Heri, namanya Gerakan Dordar atau Gerakan Donor Darah. Hal ini disampaokan Heri, di kantor Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Selasa (26/10/2021).

    Ia menuturkan, setiap desa sudah memiliki bank data terkait data pendonor sampai golongan darah yang ada di desa tersebut. Sehingga, apabila ada warga Kecamatan Cisewu yang sedang dirawat di rumah sakit dan membutuhkan darah, pihaknya tidak terlalu kesulitan mengatasi hal tersebut.

    “Jadi ada bank data di desa ini yang sudah siap untuk menjadi pendonor artinya kalau ada warga desa atau di wilayah kecamatan Cisewu ini yang kemudian dirawat dan perlu darah dan kemudian di bank darah di PMI kekurangan, maka kita di sini sudah mempunyai data orang golongan darah A berapa orang itu nanti kita berangkat kan dari sini,” ujar Heri.

    Meskipun begitu, ada satu permasalahan yang ia temui saat hendak mengirimkan pendonor dari Kecamatan Cisewu, yaitu jarak yang cukup jauh ke lokasi yang membutuhkan darah, sehingga para pendonor setiba di lokasi tidak bisa langsung melakukan transfusi darah ataupun melakukan donor darah.

    “Jadi kalau di sini diberangkatkan butuh 3 labu Kita berangkat kan 6 orang berangkat perjalanan dari sini ke PMI Garut itu 112 kilo. Nah apalagi kalau yang berangkat itu perempuan di perjalanan yang jauh ini (suka) mabuk kendaraan, kemudian ketika sampai di Garut ini perlu istirahat dulu masalahnya, itu jadi terkendala oleh akses  permasalahan yang datang ke Garut capek jadi tidak bisa ketemu langsung dilakukan transfusi darah atau donor,” katanya.

    Heri mengungkapkan terakhir kali mengadakan Gerakan Dordar, pihaknya mampu mengumpulkan 427 labu darah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

    Dengan gerakan dordar  tiap 3 bulan puhaknya bisa menyumbangkan diatas 300 kantung darah. "Terakhir kemarin pada bulan kemarin kita Alhamdulillah di masa pandemi dengan dengan protokol kesehatan bisa (menghasilkan) 427 labu darah, kita sumbangkan ke kabupaten Garut.  Kita atur biasanya (dipusatkan) di kecamatan, nah sekarang besar dibagi 3 wilayah sehingga kerumunan bisa dikurangi protokol kesehatan bisa dilaksanakan hasilny bisa 422 (labu),” ungkapnya.

    Ia berharap dengan Gerakan Dordar, pihak Kecamatan Cisewu bisa memberikan pelayanan dan juga pertolongan, karena donor darah ini menurutnya berhubungan dengan program kemanusiaan. Atas upaya itu, kecamatan ini meraih penghargaan dari PMI Kabupaten Garut.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus