Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Ciamis Sampaikan Rencana KUA dan PPAS Kabupaten Ciamis TA 2022

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_44740.jpg

    Kab.Ciamis— Pemerintah Kabupaten Ciamis bersama DPRD Ciamis gelar Rapat Paripurna guna membahas Kebijakan Umum APBD (KUA) dan PPAS untuk TA 2022 yang dilakukan secara virtual dari Aula Setda Kabupaten Ciamis, Senin,(15/11/21).

    KUA PPAS merupakan dokumen yang memuat kebijakan bidang pendapatan, belanja, dan pembiayaan serta asumsi yang mendasarinya untuk periode 1 (satu) tahun.

    Disampaikan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya bahwa KUA PPAS untuk tahun 2022 masih difokuskan pada upaya menjawab isu strategis mengenai upaya penanganan penanggulangan dan pencegahan penyebaran COVID-19.

    Hal tersebut karena sekalipun COVID-19 di Kabupaten Ciamis sudah mulai melandai, menurutnya tidak menutup kemungkinan akan terjadi gelombang ketiga pasca natal dan tahun baru. 

    "Sehingga dalam antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kami mengalokasikan Belanja Tidak Terduga (BTT) dalam jumlah yang cukup besar apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” katanya.

    Hal tersebut dimaksudkan sebagai antisipasi adanya kebutuhan mendesak untuk penanganan COVID-19 khususnya di Kabupaten Ciamis serta antisipasi adanya kebijakan dari Pemerintah Pusat untuk me-refocusing dan merasionalisasi anggaran dalam rangka penanganan COVID-19.

    "Dengan demikian apabila tersedia dana yang mencukupi di BTT, kita tidak perlu direpotkan lagi melakukan rasionalisasi dan refocusing anggaran kepada SKPD seperti pengalaman di tahun ini dan tahun sebelumnya", tuturnya.

    Namun demikian, kata Bupati apabila badai COVID-19 benar-benar berlalu seperti apa yang kita semua harapkan dan tidak ada bencana lainnya yang terjadi di Kabupaten Ciamis maka dana BTT tidak akan digunakan seluruhnya dan alokasi penggunaannya dapat disesuaikan pada perubahan APBD untuk menutup defisit APBD dan mengurangi volume pinjaman daerah, hal ini sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

    Bupati menyampaikan di tengah penanggulangan pandemi COVID-19, Pemdakab Ciamis senantiasa berupaya tetap menjaga keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan penanggulangan COVID-19 dan capaian indikator makro ekonomi.

    Kendati demikian kata Bupati, dengan minimnya sumber pendapatan Pemdakab Ciamis tetap berupaya untuk membiayai program kegiatan/sub kegiatan yang terkait dengan pencapaian standar pelayanan minimal, prioritas daerah, indikator kinerja daerah, janji politik pemerintahan, serta disinergikan dengan program-program Provinsi dan Nasional.

    "Kami berupaya seoptimal mungkin tetap menjaga stabilitas dan likuiditas pengelolaan keuangan daerah,” imbuhnya.

    Bupati mengapresiasi Badan Anggaran DPRD, fraksi-fraksi dan komisi-komisi serta seluruh anggota DPRD yang telah menyepakati rancangan KUA dan PPAS menjadi KUA dan PPAS Kabupaten Ciamis TA 2022. (rdp*)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus