Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tarawangsa, Seni Penghalus Jiwa

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Picture-_153.jpg

    KBB – Kesenian tradisional Tarawangsa asli dari Rancakalong Sumedang, kini mulai dihidupkan kembali. Yang menggembirakan, mereka yang kiniberusaha untuk menghidupkan dan melestarikan kembali kesenian buhun itu, adalah dari kalangan anak muda. Salah satunya adalah Indra Budiaji, Mpd. Ditemui di Tangkuban Parahu disela-sela Festival Budaya dan Pariwisata Tangkuban Parahu 2012, Kamis (17/5), Indra mengaku mulai menggeluti Tarawangsa sejak masih duduk di bangku SMA taun 1992
    lalu.

    “Saya mulai sejak saya masih di SMA tahun 1992 lalu. Saya berguru langsung ke inohong di rancakalong Sumedang, tempat kesenian Tarawangsa ini berasal. Alhamdulillah hingga saat ini saya masih terus menggeluit, dan banyak yang ikut belajar juga” ujar Indra.

    Indra kini memiliki kelompok seni Tarawangsa di Lembang Kabupaten Bandung Barat. Menurut Indra, ternyata banyak anak muda yang mulai tertarik pada kesenian tradisional Sunda, termasuk Tarawangsa. Menurut Indra, kesenian Tarawangsa sendiri merupakan kesenian penghalus jiwa.

    “Di Rancakalong, Tarawangsa sering disebut seni istri,karena bisa mengasah kehalusan jiwa. Alatnya hanya Tarawangsa dan kecapi Siter, mengalun begitu saja, dan penari dengan sendirinya akan mengikuti alunan bunyi Tarawangsa, karena jiwanya merasa terasah dan tergerak untuk menari, dengan alunan yang lembut tanpa hentakan” jelasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus