Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Hari Krida Pertanian ke-49, Wabup Yana Sampaikan Tiga Tantangan Pertanian Ciamis

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_44850.jpg

    Kab. Ciamis --- Wakil Bupati (Wabup) Ciamis Yana D Putra menghadiri acara pembukaan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-49 tingkat Kecamatan Cihaurbeuti bertempat di Sawah Lega Desa Sukasetia Kecamatan Cihaurbeuti, Rabu (24/11/2021). 

    Acara HKP ke 49 tingkat Kecamatan Cihaurbeti tersebut mengusung tema "Pertanian Maju, Mandiri dan Modern Petani Sejahtera".

    Dalam sambutanya, Wabup Ciamis menyampaikan tiga hal yang menjadi tantangan pertanian di Kabupaten Ciamis yaitu pertama daya saing produk, kedua kurangnya pemahaman terhadap tekhnologi dan ketiga regenerasi petani. 

    "Ciamis merupakan Kabupaten agraris dengan mayoritas masyarakatnya adalah bertani, sehingga salah satu kunci utama kemandirian ekonomi di Ciamis adalah melalui pertanian, " ungkap Wabup. 

    Menurutnya, visi misi Kabupaten Ciamis salah satunya adalah mengembangkan perekonomian unggulan lokal, sehingga pertanian menjadi kunci utama agar Ciamis mandiri secara ekonomi. 

    Selanjutnya, terkait daya saing produk, Wabup menuturkan daya saing produk pertanian Ciamis masih kurang bisa bersaing terutama di tingkat nasional maupun internasional.  

    "Oleh karenanya, kita harus mencari solusinya bersama-sama, paling tidak ketersediaan bibit unggul dan pupuk bisa terjamin, " jelasnya. 

    "Kedepan saya berharap, dari pada membeli pupuk dan bibit dari luar lebih baik kita membuat sendiri, " imbuhnya.

    Selain itu, Wabup berpesan agar para penyuluh pertanian harus lebih paham dari para petani, dengan cara menghadirkan inovasi dan tekhnologi di tengah-tengah para petani. 

    "Regenerasi petani juga saat ini menjadi salah satu tantangan, kebanyakan petani saat ini usia di atas 50 tahun, padahal menjadi petani itu merupakan pekerjaan yang sangat mulia," tambahnya.

    Wabup menyampaikan pemerintah daerah dan pihak SKPD terkait akan mendukung dan berusaha memberikan solusi-solusi terbaik bagi para petani Ciamis. 

    "Atas nama pribadi dan pemerintah sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, semoga kegiatan ini menjadi momentum bangkitnya pertanian dan para petani di Kecamatan Cihaurbeti dan Ciamis pada umumnya,” ungkapnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus