Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kenalkan Ketenagalistrikan di Sekolah, PLN Adakan Kegiatan PLN Mengajar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_44868.jpg

    BANDUNG - Untuk mewujudkan kepedulian terhadap dunia pendidikan di tanah air sekaligus mengenalkan sektor ketenagalistrikan, beberapa PLN UP3 di Jawa Barat menggelar kegiatan PLN Mengajar.

    Iwan Ridwan Manager Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat menyampaikan bahwa dunia pendidikan sangat berperan penting bagi kemajuan bangsa.

    "Anak-anak merupakan generasi penerus yang dapat membentuk bagaimana bangsa ini akan berkembang, di tangan mereka masa depan Indonesia ditentukan. Di sisi lain teknologi dan energi ketenagalistrikan juga semakin berkembang. Untuk mengenalkan hal tersebut, kami adakan PLN Mengajar," ujar Iwan.

    PLN UP3 yang mengadakan PLN Mengajar di antaranya PLN UP3 Garut, PLN UP3 Purwakarta, PLN UP3 Cianjur, PLN UP3 Cirebon, PLN UP3 Indramayu, PLN UP3 Tasik, PLN UP3 Bogor dan PLN UP3 Cimahi. Kegiatan ini diadakan secara bergantian di sekolah-sekolah saat tatap muka seperti di SMK Negeri 1 Subang, SMA Negeri 3 Subang, SMK Nurul Muttaqin Purwakarta, SMK Ar Rahmah Cianjur, SMK PGRI Cimahi, SMA Negeri 1 Dukupuntang Cirebon, SMA Negeri 1 Indramayu, dan SMK Daarul Abroor, Cisayong Tasikmalaya. Mereka melakukan kegiatan ini sejak bulan Oktober sampai dengan bulan Desember dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

    Selanjutnya, bertepatan dengan Hari Guru Nasional 25 November 2021, PLN ULP Banjar Tasikmalaya, PLN ULP Garut Kota, dan PLN ULP Pameungpeuk juga mengadakan PLN Mengajar. Materi-materi yang disampaikan petugas PLN sangat beragam, mulai dari asal mula tenaga listrik, manfaat listrik, PLN Mobile, dan bahaya listrik. Salah satu materi yang paling menarik bagi para siswa yaitu PLN Mobile. Aplikasi ini dapat menjadi solusi atas berbagai urusan listrik seperti tambah daya, pasang baru,riwayat tagihan listrik, pelaporan catat meter, pengaduan, dan charge in. Melalui PLN Mobile, koneksi PLN dan pelanggan menjadi lebih mudah dimanapun dan kapanpun.

    Selain itu, siswa/siswi juga tampak antusias saat membahas materi bahaya listrik. Antusiasme siswa terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan seperti berapa jarak aman jaringan listrik dengan benda sekitar dan tips listik aman saat musim hujan.

    “Kami terus melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai manfaat dan bahaya kelistrikan untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat energi listrik,” jelas Iwan.

    Sementara itu, salah satu siswa di SMA Negeri 1 Banjar menyampaikan apresiasinya atas kegiatan PLN Mengajar.

    “Kami sangat bersyukur PLN bersedia datang ke sekolah kami dan berbagi ilmu tentang ketenagalistrikan. Dengan adanya kegiatan ini, kami dapat menambah wawasan dan lebih waspada akan bahaya listrik," ujarnya 

    Iwan berharap, program ini dapat bermanfaat dan memberikan wawasan para siswa mengenai kelistrikan. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus