Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    5 Desa di Jabar Raih Anugerah Desa Wisata 2021

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_45044.jpg

    *JAKARTA --* Sebanyak lima desa di Jawa Barat (Jabar) menjadi juara dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 bertema "Dari Desa, Indonesia Bangkit" dengan subtema "Desa Wisata Kelas Dunia, Berdaya Saing, dan Berkelanjutan."

    Dalam anugerah yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tersebut, ada 1.831 desa dari 34 provinsi di Indonesia yang ikut berpartisipasi.

    Dari 1.831 desa tersebut, terpilih 50 desa wisata terbaik berdasarkan tujuh kategori, yakni kategori daya terik wisata (alam dan buatan, serta seni budaya), kategori homestay, kategori souvenir (fashion, kriya, dan kuliner), kategori CHSE, kategori toilet umum, kategori konten kreatif, dan kategori desa digital. 

    Adapun kelima desa di Jabar yang meraih juara, yakni Desa Gegesih Kulon Kabupaten Cirebon (Juara 2 Kategori Konten Kreatif), Desa Alam Endah Kabupaten Bandung (Juara 2 Kategori Desa Digital), Desa Ciburial Kabupaten Garut (Juara 2 Kategori Toilet Umum), Desa Cisande Kabupaten Sukabumi (Juara 5 Kategori Toilet Umum), dan Desa Selasari Kabupaten Pangandaran (Juara 4 Klasifikasi Khusus Desa Wisata Maju ADWI 2021). 

    "Acara ini digelar untuk meningkatkan kompetensi desa wisata di Indonesia sesuai dengan potensi dan keunggulannya masing-masing, agar sektor pariwisata terus berkembang terutama di desa," ujar Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya, Selasa (7/12/2021) malam.

    Menurut Sandiaga Uno, dunia pariwisata saat ini bisa menjadi milik desa. "Oleh karena itu temanya adalah Dari Desa, Indonesia Bangkit," ucapnya.

    Penilaian desa wisata terbaik dijaring dari 1.831 desa wisata yang ikut berpartisipasi. Kemudian, disaring menjadi 300 desa, 100 desa, dan akhirnya terpilih 50 Desa Wisata Terbaik dalam ADWI 2021.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus