Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Ciamis Buka Acara Sosialisasi Perbup Tentang Pengelolaan Zakat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_45123.jpg

    Kab. Ciamis—-- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya secara resmi membuka acara sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 46 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Zakat bertempat di Aula Kantor Kemenag Ciamis, Selasa (14/12/2021). 

    Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh camat dan Kepala KUA Kecamatan se- Kabupaten Ciamis dengan dibagi kedalam beberapa sesi untuk meminimalisasi penyebaran COVID-19.

    Bupati Ciamis menyampaikan lahirnya Perbup Nomor 46 Tahun 2021 tersebut terinspirasi dari hasil musyawarah dengan para ulama yang bertujuan memanfaatkan potensi yang dimiliki Kabupaten Ciamis. 

    "Seperti yang dikatakan Ketua BAZNAS, zakat ini kalau betul-betul dimanfaatkan bisa mencapai 1 triliun lebih dan itu separuh dari APBD Ciamis," ungkapnya.

    Menurutnya, salah satu yang harus diperhatikan untuk menyukseskan regulasi tersebut salah satunya dengan mensosialisasikan dan mengedukasikannya kepada masyarakat. 
     
    "Bapak ibu terlebih dahulu harus mampu menggerakan hati masyarakat, bahwa zakat itu adalah kewajiban umat muslim, apalagi dengan dorongan ulama tentu akan lebih diserap,” tuturnya. 

    "Tumbuhkan kepercayaan masyarakat bahwa zakat ini dikelola oleh lembaga resmi yang dapat dipercaya," imbuhnya. 

    Bupati berharap adanya Perbup ini dapat membantu membangkitkan perekonomian masyarakat serta meningkatkan infrastruktur, salah satunya sarana prasarana peribadatan. 

    "Insya Allah jika hal ini bisa dilaksanakan, ditunjang dengan regulasi semua harapan bisa tercapai, " katanya. 

    Ketua BAZNAS Ciamis H. Lili Miftah mengatakan Perbup ini sebagai bukti nyata dimulainya gerakan Ciamis Cinta Zakat  yang merupakan wujud nyata dukungan penuh pemerintah daerah. 

    "Regulasi yang telah dikeluarkan Pemda Ciamis adalah dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan zakat serta meningkatkan manfaat zakat untuk kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan," katanya. 

    H. Lili menerangkan potensi zakat di Kabupaten Ciamis sangat besar. Hal tersebut berdasarkan hasil rilis indikator pemerintah, pemetaan potensi zakat Jawa Barat tahun 2021 mengenai potensi zakat di Kabupaten Ciamis.

    "Dari rilis tersebut, potensi zakat di Ciamis, diantaranya: potensi zakat pertanian 78 M, potensi zakat peternakan 113 M, potensi zakat penghasilan 815 M, potensi zakat uang 21 M dan potensi zakat Qurban 100 M sehingga totalnya 1,2 triliun, " ucapnya. 

    Acara tersebut turut dihadiri Kepala MUI Ciamis, Ketua BAZNAS Ciamis,  Kepala Kemenag Ciamis dan Kepala Bagian Kesra Setda Ciamis. (rdp*)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus