Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub: MQK Membentuk Masyarakat Ber-Akhlakul Karimah

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_45163.jpg

    KAB BANDUNG- Musabaqoh Qiro'atul Kutub (MQK) merupakan bentuk syiar Islam dalam rangka membentuk masyarakat yang ber-akhlakul karimah sejalan dengan visi pembangunan Jabar Juara Lahir Batin, yang seiring pula dengan nawacita terkait pembangunan manusia yang berkarakter.

    Hal tersebut dikemukakan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum,saat membuka Kegiatan Musabaqoh Qiro'atul Kutub (MQK) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021, di Hotel Sultan Raja Jalan Raya Soreang Kabupaten Bandung, Kamis (16/12/2021) malam.

    "Hari ini adalah salah satu upaya kelompok umat Islam dalam rangka memantapkan nilai- nilai beragama dalam berbangsa dan bernegara," ucapnya.

    Wagub juga mengatakan bahwa penyelenggaraan MQK sekaligus juga?p sebagai ajang mengevaluasi sejauh mana pencapaian para santri Jawa Barat dalam menyerap ilmu selama belajar di pondok pesantren. 

    "Substansi yang paling mendasar bagi seorang santri adalah mempelajari kitab kuning. Mampu memahami kitab- kitab bersama dengan guru yang jelas riwayat ilmunya merupakan syarat utama bagi seorang murid dapat dikatakan sebagai santri," kata Wagub.

    "Karena seorang santri tidak bisa memperdalam ilmu agama kalau tidak bisa membaca kitab kuning, tidak cukup membaca buku tapi juga harus ada guru, harus benar sanadnya, jadi jelas riwayat ilmunya," imbuhnya.

    Wagub menyatakan, dengan akhlakul karimah, umat dapat menerapkan nilai- nilai mulia dalam berbangsa dan bernegara. Wagub pun mengapresiasi para kiyai, ulama, pimpinan pondok pesantren, yang telah mengikutsertakan para santrinya dalam kegiatan MQK Tingkat Jabar ini. 

    "Kami sudah berbicara dengan Pak Kakanwil, mudah- mudahan tahun depan bukan hanya MKQ tapi juga thhfidzul mutun, dan bidang- bidang ilmu lainnya," harapnya. 

    Ditempat yang sama, Bupati Bandung Dadang Supriatna bersyukur pihaknya menjadi tuan rumah penyelenggaraan MQK tingkat Jabar tahun ini. 

    "Ajang ini menjadi momentum menguatkan sinergi antardaerah kabupaten/kota kaitannya dalam mencetak generasi pencinta Alquran dan meningkatkan minat santri membaca kitab kuning," ujarnya.

    "Terima kasih kepada semua yang terlibat pada penyelenggaraan kali ini. Selamat mengikuti MQK semoga memberikan manfaat dalam menebarkan syiar Islam di Jabar," pungkasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus