Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ujang: Bertekad Lestarikan Aksara Sunda

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Picture-157.jpg

    CIMAHI – Minimnya pengetahuan orang Sunda terhadap aksaranya sendiri menjadi keprihatinan Ujang (51) warga Sukaresmi Kota Cimahi ini. Ujang yang mengaku memiliki keterampilan menulis aksara Sunda yang diajarkan orang tuanya dulu, bertekad menularkan kabisa-nya itu kepada siapapun yang ingin belajar.

    Kini di bawah organisasi budaya Gentra Pamitran, yang berlokasi di wilayah Kecamatan Cimahi Utara itu, Ujang dan rekan-rekannya berupaya merangkul siapapun yang ingin belajar aksara Sunda.

    “Saya ini belajar otodidak dari orang tua dulu tentang aksara Sunda. Melihat perkembangan sekarang terutama generasi muda lebih faham terhadap bahasa dan aksara asing, saya merasa terpanggil untuk mengajak siapapun yang ingin belajar aksara Sunda” katanya.

    Bahkan menurut Ujang, Camat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi menyediakan tempat di loby Kantor Kecamatan untuk dijadikan tempat belajar.

    “Alhmadulillah, Pak Camat sendiri memberi dukungan dengan memberikan tempat di Kecamatan untuk dijadikan tempat belajar Aksara Sunda. Mudah-mudahan ini bisa lancar terus berjalan” kata Ujang.

    Ujang mengaku sempat bertemu untuk berdiskusi dengan para akademisi yang menggeluti naskah-naskah kuno, seperti Undang Ahmad Darsa, Elis Suryani dan Partini Sarjono (ketiganya dari UNPAD).

    “Bangga sekali saya yang warga biasa bisa bertemu dengan para tokoh akademisi yang selama ini menggeluti dan ahli dalam naskah kuno, saya bisa belajar lebih banyak dari mereka” pungkasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus