Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BNNK Ciamis Hadiri Rakor Penguatan Tim Terpadu P4GN Kabupaten Ciamis

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_45597.jpg

    Kab. Ciamis --- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Ciamis menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Tim Terpadu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Bertempat di Kantor Badan Kesbangpol Ciamis, Kamis (27/1/2022).

    Hadir dalam kegiatan, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Ciamis Wawan Ruhiyat, Kasubbag Umum BNNK Ciamis Rachman Haerudin, KBO Narkoba Polres Ciamis Edi Permadi, Kejari Ciamis diwakili oleh Valentino, serta perwakilan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait yang masuk dalam Tim Terpadu P4GN Kabupaten Ciamis.

    Dalam sambutannya, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Ciamis Wawan Ruhiyat menyampaikan tujuan rakor ini untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Fasilitasi P4GN Kepada Seluruh Anggota Tim Terpadu P4GN, Meningkatkan kinerja Tim, serta Memberikan Bahan/Materi Kepada Tim untuk dapat disampaikan kembali di lingkungan kerja, masyarakat maupun keluarga.

    “Kami sedang menyusun Perda tentang P4GN di Kabupaten Ciamis termasuk kami juga sudah mengajukan SK Tim Terpadu P4GN," katanya.

    “Tim Terpadu, ini harus bisa mengimplementasi Inpres No. 2 Tahun 2020 yang berlaku baik tingkat Provinsi maupun Kab/Kota di Seluruh Indonesia yaitu untuk membuat Rencana Aksi Daerah (RAD) P4GN," ucapnya.

    Menurut Wawan, pemerintah daerah harus membentuk tim Terpadu serta menyusun RAD P4GN serta menyinergikan semua upaya yang diselenggarakan baik oleh seluruh pihak di daerah maupun dengan program yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat.

    Wawan berharap Tim Terpadu P4GN bisa mewujudkan Kabupaten Ciamis Bersih dari narkoba.

    “Hari ini yang dihadiri oleh Tim Terpadu P4GN sebagai bukti sinergitas dan kolaborasi untuk bersama-sama mewujudkan Kabupaten Ciamis Bersinar (Bersih Narkoba)," katanya.

    Kasubbag Umum BNNK Ciamis Rachman Haerudin yang mewakili Kepala BNNK Ciamis dalam sambutan sekaligus paparan materi menyampaikan bahwa BNN mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Badan Kesbangpol Ciamis yang secara intensif dan penuh semangat mengkoordinasikan SKPD-SKPD di Kabupaten Ciamis maupun instansi-instansi vertikal untuk melaksanakan program P4GN dalam rangka mewujudkan kabupaten Ciamis Bersinar.

    “Bahwa pemerintah telah menyatakan Indonesia sudah masuk dalam kondisi darurat narkoba, untuk itu mari seluruh komponen masyarakat bersatu, bersinergi bagaimana kita harus bersikap, bagaimana kita harus melakukan upaya-upaya secara bersam-sama dalam menanggulangi narkoba," ucapnya.

    Menurut Rachman, penanganan narkoba tidak hanya masalah hukum saja, tetapi dampaknya menimbulkan masalah multidimensi, seperti masalah kesehatan, masalah sosial, kultur dan lainnya.

    “Untuk menanggulangi narkoba di antaranya menciptakan seluruh elemen masyarakat imun (kebal) terhadap narkoba, harus tahu, paham dan sadar akan bahaya penyalahgunaan narkoba, melapor bila terjadi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan masyarakat, menciptakan lingkungan masyarakat yang kondusif dan jauh dari pengaruh peredaran gelap narkoba, melapor ke BNNK Ciamis atau IPWL (Institusi Penerima Wajib Lapor) untuk menjalani rehabilitasi narkoba apabila diketahui ada yang menyalahgunakan narkoba," ucapnya.

    Rachman berharap tim terpadu P4GN mampu bersinergi dengan seluruh masyarakat dalam menanggulangi masalah narkoba.

    “Mudah–mudahan dengan adanya Tim Terpadu dapat melaksanakan upaya P4GN dengan baik dan mampu bersinergi dengan seluruh komponen masyarakat dalam menanggulangi masalah narkoba," imbuhnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus