Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Helar Wayang Akan Digelar Oktober 2012

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG-4236.jpg

    BANDUNG - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung akan menggelar Helar Wayang se-Indonesia pada Bulan Oktober mendatang. Untuk menggelar acara itu, Disbudpar Kota Bandung menggandeng komunitas Sunda-Saampar. Hal itu ditegaskan Kadisbudpar Kota Bandung Priana Saputra di Bandung Kamis sore (2/8), dalam acara buka bersama Disbudpar dan Sunda-Saampar.

    "Disbudpar selaku Kepala Dinas yang berkaitan dengan budaya, terbuka untuk menampung apresiasi dan keinginan masyarakat dalam menyelenggarakan kegiatan", ujar Priana. Pagelaran Budaya khususnya pertunjukan wayang, menurut Priana, "menjadi prioritas kegiatan pemerintah kota", katanya.

    Jadi, lanjut Priana, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan panitia penyelenggara (sunda-saampar) sebagai mitra pemerintah kota, "wayang bukanlah event biasa, tapi wayang merupakan media penyampaian pesan moral kepada penontonnya", katanya.

    Penggagas kegiatan, Adi Irwana Truna menjelaskan Bandung Kota Seni Bermartabat jangan hanya menjadi jargon pemerintah kota belaka. Karena, menurut Adi selama kurang lebih dua tahun kebelakang ini, tak terlihat dimana letak pagelaran seni dan berskala nasional.

    "Sunda-saampar, mendorong kegiatan HELARWAYANG sebegai bentuk pencitraan untuk kota Bandung dan pelestarian seni budaya", katanya. Kegiatan HELARWAYANG ini bukanlah sebuah pertunjukan wayang biasa, tapi nanti akan dilaksanakan wayang karnaval.

    Rencananya, HELARWAYANG ini akan memecahkan rekor MURI dengan membuat Wayang 1000 Janur yang dibuat oleh pengerajin,"salahsatu masyarakat adat di Cirendeu, sukarelawan membuat janur itu", katanya.

    Sunda-saampar bersama pemerintah Kota Bandung, akan menyelenggarakan  HELARWAYANG yang direncanakan  tanggal 6 sd 13 Oktober 2012.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus