Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Badan Geologi Larang Masyarakat Dekati Kawah Tangkubanperahu Hingga Radius 1,5 KM

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/tangkuban-perahu12.jpg

     

    BANDUNG-Masyarakat yang berada di sekitar Gunung  Tangkubanperahu, pengujung maupun pendaki  untuk tidak mendekati kawah yang ada di puncak Gunung Tangkubanperahu dalam radius 1,5 km dari kawah aktif.  Demikian ditegaskan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Dr. Surono, menyusul peningkatan aktivitas gempa vulkanik sejak Senin (13/08) lalu.
     
    Menurut Surono, pihaknya  akan terus melakukan peningkatkan pemantauan secara intensif terhadap kegiatan Gunung Tangkubanparahu yang saat ini masih berstatus Waspada (level II). “Kita akan melakukan koordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, status kegiatan Gunung Tangkubanperahu akan diturunkan/ dinaikkan jika terjadi penurunan/ peningkatan aktivitas vulkanik,” ujarnya.
     
    Surono mengatakan, hingga saat ini aktivitas Gunung Tangkubanparahu masih terus terjadi dan sejak Jumat (24/08) hingga Senin (27/08) tercatat sudah 46 kali terjadi gempa. “Terekam adanya gempa vulkanik dangkal (VB) dengan amplituda maksimal 2 hingga 9 mm maupun gempa vulkanik dangkal (VA) dengan aplituda 2-12 mm dan lama antara 4 hingga 8100 detik,” tuturnya.  Surono menghimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung Tangkubanperahu diharap tenang dan tidak terpancing isyu-isyu tentang letusan gunung serta selalu mengikuti arahan dari BPBD setempat.
     
    “Masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar gunung dalam KRB II untuk selalu waspada dan tetap memperhatikan perkembangan kegiatan G. Tangkubanperahu yang dikeluarkan oleh BPBD setempat,” ucapnya. Surono meminta BPBD Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Tangkubanperahu di Desa Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat atau dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus