Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Proyek MRT Bandung Masuk Studi Kelayakan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/peta-hijau.jpg

    BANDUNG- Proyek Mass Rapid Transit atau MRT yang menghubungkan kawasan Bandung Utara dan Selatan saat ini mulai memasuki tahap studi kelayakan. Demikian dikemukakan Direktur Utama Panghegar Group, Cecep Rukmana, yang merupakan investor yang akan mengembangkan mega proyek MRT.

    Menurut Cecep, dalam tahap ini akan menguji kelayakan MRT tahap pertama yaitu rute yang menghubungkan antara Dago hingga Pasirluyu, Bandung Selatan sepanjang 12 km.

    “Untuk tahap ini diharapkan selesai pada 2013 mendatang dan anggaran yang diperlukan diperkirakan sebesar Rp100 miliar,” ujarnya.

    Cecep mengatakan, untuk membangun rute itu diperkirakan membutuhkan waktu 3 sampai 5 tahun dengan biaya yang dibutuhkan mencapai Rp 4 triliun.

    Sementara itu, Wali Kota Bandung Dada Rosada mengungkapkan, MRT di Bandung sudah menjadi kebutuhan menyusul seringnya kemacetan yang terjadi hampir di sebagian ruas jalan di Bandung.
    “Kita harapkan MRT ini bisa menjadi alternatif alat trasportasi lain bagi masyarakat dan mengurangi kemacetan di jalan,” ucapnya.

    Walikota mengharapkan, pembangunan MRT ini menjadi pilot project bagi kota lain di Indonesia yang tingkat kemacetannya cukup tinggi, seperti di Jakarta.

    ”MRT ini nantinya akan memiliki 12 gerbong sehingga bisa mengangkut kurang lebih 600 orang setiap kali jalan sehingga masalah kemacetan bisa diselesaikan,” tuturnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus