Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jepang Siap Tampung Pekerja Magang Jabar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/hening-widiatmoko21.jpg

    Bandung - Kebutuhan tenaga kerja di Jepang sangat tinggi menjadikan negara itu sebagai peluang bagi pengiriman tenaga kerja profesional. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jabar, menjalin kerjasama dengan lembaga asal Jepang, International Manpower Development Organization of Japan untuk pengiriman tenaga kerja ke negeri samurai tersebut.

    "Kerja sama itu dalam bentuk magang kerja," tandas Kepala Disnakertrans Jabar, Hening Widiatmoko.

    Dia menyampaikan Jepang siap menampung para pekerja magang asal Jabar secara tidak terbatas dengan syarat para peserta wajib mengikuti tes dan seleksi yang ketat. Pendaftarannya berlangsung sampai 28 Oktober 2012 di Disnakertrans Jabar. Jika lolos, para pekerja magang itu bekerja di berbagai perusahaan Jepang selama 3 tahun.

    Program ini ternyata sangat diminati. Tahun lalu jumlah pendaftar mencapai 1.031 orang. Sedangkan yang lulus seleksi hanya mencapai 229 orang. Dia menjelaskan, program ini memberikan manfaat bagi para generasi muda Jabar supaya berwawasan dan berpengetahuan luas. Selain itu, lanjutnya, program itu pun dapat membangkitkan jiwa enterpreneur baru sekaligus melebarkan jaringan.

    Setelah tiga tahun menjalani program tersebut, para pekerja tersebut memiliki bekal, berupa pengalaman kerja dan modal sehingga mereka dapat memanfaatkannya untuk membuka usaha di daerah asalnya.

    Syarat mengikuti tes magang ke Jepang antara lain pria dengan usia 20-26 tahun, pendidikan sekolah kejuruan, diploma, dan sarjana teknik. Lalu sudah menjalani pelatihan kerja, minimalnya 6 bulan. Jika lolos syarat tersebut peserta akan mengikuti test kesemaptaan tubuh (tes fisik), matematika, ketahanan fisik, bahasa, psikotes, wawancara, dan medical check up. Mereka yang lolos, sebelum pemberangkatan, mendapat pelatihan 4 bulan, masing-masing 2 bulan di daerah dan di B2PTKLN Cevest Bekasi. tejo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus