Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Target Pendapatan Tahun 2013, sebesar Rp 9,7 Trilyun.

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/deny-juanda.jpg

     

    BANDUNG-BANDUNG-Berkenaan dengan pembahasan tahapan APBD, saat ini sudah menempuh tahapan penyusunan rancangan KUA dan PPAS. Dalam tahapan tersebut, untuk besaran volume APBD belum ditetapkan secara final berapa besarannya. Namun untuk Pendapatan Ditargetkan naik Rp 1,5 Trilyun.
     
    Sementara itu, untuk pendapatan diprediksi naik jika dibandingkan tahun 2012. Dalam APBD tahun 2012, pendapatan mencapai Rp.8,1 triliun. Di tahun 2013 ditargetkan mencapai Rp.9,7 triliun. Dengan demikian, untuk pendapatan ditargetkan naik mencapai Rp.1, 5 triliun, ungkap Kepala Bappeda Jabar, Deny Djuanda dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id (20/9).
     
    Deny, lebih lanjut memaparkan untuk komponen belanja, dalam rancangan  KUA dan PPAS akan difokuskan untuk beberapa kegiatan. Pertama, kegiatan dukungan untuk penyelenggaraan Pemilukada Gubernur/Wagub, untuk dukungan tersebut dana disiapkan untuk dua putaran.
     
    Kedua, kegiatan sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah. Ketiga dana pendidikan sebesar 20% dari volume APBD. Keempat, dana kesehatan 10% dari volume APBD. Kelima, dana infrastruktur minimal 10% dari volume APBD serta dana untuk pembangunan perekonomian di daerah sedang diperjuangkan agar minimal dapat mencapai 10% dari volume APBD.
     
    Deny, lebih lanjut memaparkan  untuk dukungan dana pembangunan ekonomi yang kini sedang diperjuangkan agar mencapai 10% dari volume APBD ini merupakan pertama dilakukan karena sebelumnya anggaran untuk sektor tersebut sangat minim, dibawah 10%.
     
    Adapun fokus kegiatannya harus mendukung pertumbuhan dan pemberdayaan masyarakat serta penguatan infrastruktur  pembangunan ekonomi  di daerah. Sementara itu, hal yang menjadi sasarannya, yaitu pertumbuhan ekonomi desa. Desa diharapkan melalui penguatan pembangunan ekonomi dapat menjadi pusat budaya dan pusat gotong royong pelaksanaan pembangunan, jelas Denny Juanda.
     
    Dari jenis program, merupakan program lanjutan di tahun-tahun sebelumnya  dan tidak ada program baru. Hal yang menjadi alasannya bahwa program lama sudah bagus, hanya pemerataannya yang belum maksimal, ujarnya.
     
    Rancangan KUA dan PPAS diharapkan dapat final dalam Bulan September 2012. Sementara itu, untuk penetapan APBD Provinsi Jabar tahun 2013 diharapkan dapat selesai pada pertengahan November 2013
     
    Penetapan target waktu tersebut, dimaksudkan agar penetapan APBD Kota/Kabupaten tidak melewati akhir tahun mengingat bantuan untuk Kota/Kabupaten dari APBD Provinsi Jabar juga harus tercover dalam APBD masing-masing Kabupaten/Kota tak melebihi akhir tahun, demikian Deny Juanda. (Nur)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus