Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur Jabar Terima Penghargaan KIP Terbaik Pertama Dari Wapres

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_7049web.jpg

     

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan kembali menerima penghargaan Tingkat Nasional. Kali ini menerima anugerah sebagai “Badan Publik Terbaik Dalam Keterbukaan Informasi Publik”, dan meraih Peringkat Pertama menyisihkan 32 provinsi lainnya. Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Boediono di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan No. 6 Jakarta Pusat, Jumat (28/9) siang. Penghargaan tersebut diberikan karena Pemerintah Provinsi Jawa Barat dinilai berhasil dalam mengimplementasikan Pasal 9 Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dimana dalam pasal itu menyebutkan tentang Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala. Penghargaan diberikan sebagai rangkaian Peringatan Hari Hak Untuk Tahu Internasional (International Right to Know Day) tahun 2012.
     
    “Saya bersyukur dan menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih atas penghargaan yang sudah diberikan Pemerintah Pusat melalui Bapak Wakil Presiden Boediono. Hal ini menunjukan bahwa ada pengakuan dari Pemerintah Pusat dan masyarakat luas yang menilai Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai badan publik yang telah melaksanakan keterbukaan informasi dengan baik sesuai dengan amanat undang-undang,” tegas Heryawan menanggapi penghargaan yang diterimanya, usai memimpin Apel Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2012 di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro 22, Kota Bandung, Jumat (28/9) pagi. Penilaian tersebut menunjukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat secara aktif memberikan informasi terkait kebijakan, pembangunan dan kinerja keuangan kepada publik.
     
    Berdasarkan surat tertanggal 26 September 2012, yang diterima dari Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia dan ditandatangani ketuanya, Abdul Rahman Ma'mun, menyebutkan bahwa Jawa Barat masuk dalam 10 nominator Badan Publik terbaik dalam mengimplementasikan Pasal 9, UU Tahun 2008 tentang Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala. Selanjutnya dalam pemberitahuan berikutnya, Provinsi Jawa Barat masuk dalam 3 besar Badan Publik Terbaik, bersama dengan Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi DKI Jakarta. Kemudian setelah penilaian lebih dalam, maka KIP memutuskan Pemerintah Provinsi Jawa Barat berhak menyandang Terbaik Pertama. “Prestasi tersebut menunjukan kinerja kita semua. Bahkan kedepan harus terus kita tingkatkan guna memenuhi kebutuhan informasi untuk masyarakat luas sesuai dengan amanat undang-undang,” ujar Kang Aher, panggilan akrab Gubernur Jawa Barat.
     
    Dengan diterimanya penghargaan tersebut, maka genap sudah 71 penghargaan yang  diterima Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan hingga bulan ke-51 masa kepemimpinannya.  Rangkaian prestasi dan penghargaan yang diterima Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menunjukan pengakuan dari Pemerintah dan masyarakat atas kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dan atas semua penghargaan tersebut, Heryawan kembali menegaskan bahwa hal itu merupakan hasil kerja keras semua pihak terkait. “Untuk itu saya sampaikan ucapan terima kasih atas usaha dan kinerja terbaik dari semua pihak, khususnya para pegawai lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang sudah mempersembahkan karya terbaiknya bagi pembangunan Jawa Barat. Semoga Allah SWT memberkahi kita semua,” tandasnya.
     
    Dalam penilaian KIP disebutkan, dari 33 provinsi, setelah melakukan monitoring dan evaluasi, maka muncul 12 provinsi calon penerima penghargaan dari KIP, yakni; Provinsi Jawa Barat, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi DIY, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Lampung, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Kalimantan Tengah. Dari 12 provinsi, maka diperingkat menjadi 10 nominator penerima penghargaan terbaik. Dari 10, muncul 3 provinsi; yakni Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Sumatera Utara. Dan pada akhirnya, Provinsi Jawa Barat meraih predikat Terbaik Peringkat Pertama untuk kategori Provinsi, sebagai “Badan Publik Terbaik Dalam Keterbukaan Informasi Publik”.

    <div id="cke_pastebin" justify;="" "="">

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus