Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Usaha Perhotelan Keberatan Atas kenaikan Tarif Dasar Listrik

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/pln2.jpg

    Bandung - Tarif Dasar Listrik (TDL) terhadap industri akan naik sebesar 15% pada 2013. Meski kenaikannya berlangsung secara bertahap namun tetap berdampak terhadap pelaku usaha khususnya jasa perhotelan di Jawa Barat.

    "Kenaikan TDL pastinya akan berdampak terhadap dunia perhotelan karena biaya pengeluaran pasti akan meningkat," ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jabar Herman Muchtar.

    Dia menjelaskan listrik merupakan salah satu komponen biaya pengeluaran jasa perhotelan. Komoditi ini berkontribusi sekitar 20% dari total pengeluaran rutin pelaku usaha jasa perhotelan.

    Menurutnya, kenaikan TDL membuat pelaku jasa perhotelan dilema. Meski terjadi pembengkakan biaya pengeluaran, namun pelaku tidak bisa menutupi kenaikan biaya itu dengan cara menaikan tarif kamar hotel.

    Kenaikan tarif hotel, katanya Herman, akan membuat daya saing hotel berkurang. Padahal, persaingan bisnis dunia perhotelan di Jabar sangat ketat akibat tingginya pertumbuhan hotel baru.

    Pihaknya juga mencatat, jumlah hotel di Jabar mencapai 1.560 hotel dengan kategori hotel melati dan hotel berbintang. Dari jumlah tersebut, rata-rata okupansi hotel hanya sekitar 35-40%.

    Lebih lanjut dia menuturkan persaingan bisnis perhotelan paling ketat terjadi di Kota Bandung. Tercatat, Kota Kembang memiliki jumlah kamar hotel sebanyak 16.000 kamar hotel.

    Melihat kondisi itu, PHRI Jabar menghimbau kepada para pelaku agar melakukan pengetatan biaya pengeluaran hotel. Salah satu cara yang direkomendasikan adalah penggunaan lampu hemat listrik.tjo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus