Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Disindag Tingkatkan Bantuan Sertifikasi Halal

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Kadis_Perindag_Jabar,_Ferry_Sofwan_Arif1.jpg

    Bandung - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (disindag) Provinsi Jawa Barat berencana meningkatkan anggaran bantuan pembuatan  serifikasi halal bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah di tahun 2013.

    "Kita memang berencana meningkatkan anggaran bantuan pembuatan serifikasi halal bagi UMKM. Rencananya alokasinya Rp 1 miliar, dan itu sudah kita ajukan. Dan sekarang ini sedang dibahas dengan komisi B DPRD Provinsi Jabar. Mudah mudahan secepatnya bisa disetujui," jelas Kepala dinas perindustrian perdagangan Jawa Barat Ferry Sofwan

    Saat ini pengajuan alokasi dana bantuan pembuatan sertifikasi halal tersebut sedang dalam  pembahasan dewan. Pihaknya berharap hal tersebut bisa disetujui dengan  terfasilitasi pada APBD 2013. Dana bantuan sertifikasi halal tersebut akan digunakan untuk membantu sekitar 500 pelaku UMKM di Jabar. Terlebih dana pembuatan serifikasi halal sendiri cukup tinggi dan mencapai sekitar Rp 1,5 juta. Dalam hal itu disindag jabar sendiri akan bekerja sama dengan LP Pom MUI Jabar.

    Menurutnya, saat ini jumlah produk UMKM jabar yang telah memiliki serifikasi halal masih rendah. Bahkan dari 100.000 merk produk,  baru sekitar  8000 produk  yang sudah memiliki sertifikasi  halal.

    "Dengan pencantuman halal produk itupun bisa masuk kelingkungan masyarakat ekonomi asean dengan potensi konsumen mencapai sekitar 600 juta orang. Tentunya itupun menjadi peluang bagi para pelaku UMKM," katanya.  Tjo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus