Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Hj. Nurlatifah : Karawang Miliki Banyak Warisan Budaya

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Seni-Tari1.jpg

    KARAWANG-Sebagai upaya mendukung program ekstrakuliler yang ada di salah satu sekolah di Kabupaten Karawang, Hj Nurlatifah Ade Swara, pada Kamis (29/11) sore membuka Pagelaran Seni Tari Tradisi Parahiyangan, dalam rangka HUT ke -3 Ekstrakulikuler Seni Tari SMPN 1 Karawang Barat,  bertempat di Aula Husni Hamid Lingkungan Pemkab Karawang.
     
    Pada kesempatan itu hadir para orangtua siswa dari SMPN 1 Karawang Barat, dan para penggiat seniman  STSI Bandung yang di datangkan dari  dari Bandung, acara sangat meriah di hadiri oleh ribuan orang yang memadati aula.
     
    Ketua TP PKK Hj Nurlatifah Ade Swara dalam sambutannya mengatakan,  kita ketahui bersama, negeri kita, khususnya kabupaten Karawang memiliki cukup banyak warisan dan kearifan seni budaya, yang telah menjadi ciri khas tersendiri. Salah satu diantaranya adalah seni tari tradisional. Namun demikian, seiring dengan era globalisasi dan perkembangan jaman, kondisi warisan dan kearifan seni budaya dirasakan semakin memudar karena tergerus oleh derasnya budaya asing yang masuk ke Indonesia.
     
    Masuknya budaya asing semakin memprihatinkan, khususnya di kalangan generasi muda, dimana anak-anak kita saat ini lebih menyukai budaya – budaya asing, tutur Hj. Nurlatifah.  Tidak hanya budaya barat saja, melainkan budaya – budaya dari negeri Jepang dan Korea tidak terasa telah menjadi bagian dari kehidupan generasi muda saat ini, tambahnya.
     
    Untuk itu, saya secara pribadi sangat menyambut baik atas terselenggaranya pertunjukan seni tari tradisional parahiyangan ini. Dengan harapan, melalui kegiatan ini warisan dan kearifan seni budaya sunda dapat terus berkembang dan tertanam di hati masyarakat sunda, khususnya di kabupaten karawang tambahnya, demikian harapannya.

    Setelah menyampaikan sambutan, ketua TP PKK  secara simbolis memberikan santunan kepada anak yatim dan memberikan rangkaian bunga kepada Kepala SMP N 1 Karawang Bahtiar yang telah peduli kepada Seni Tari dan guru guru lainnya.
     
    Kepala SMP N 1 Karawang H. Bachtiar mengatakan penyelenggaraan ini atas dasar bahwa pertunjukan seni tari di Kabupaten Karawang ini sudah memudar sangat jarang paling hanya satu kali dalam satu tahun oleh Disbudpar, maka Ekskul Seni Tari SMPN 1 Karawang Barat akan merutinkan dan dimulai sejak hari ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat Seni Tari yang ada di Sunda khusunya. Dana penyelenggaraan Gebyar ini murni dari swadaya Orang tua Siswa, untuk itu kami ucapkan terimakasih sebesar besarnya mari kita didik bina anak siswa agar yang memiliki bakat seni bisa di salurkan begitu, ujarnya.
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus