Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemkot Serahkan DAK Terkait Pemilu Legislatif

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DAK.jpg

    CIMAHI-Pemerintah Kota Cimahi menyerahkan Data Agregat Kependudukan (DAK) per-Kecamatan kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Cimahi, Kamis (6/12). Penyerahan data kependudukan terkait dengan Pelaksanaan Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD Tahun 2014 itu dilakukan oleh Wakil Walikota Cimahi, Drs.H. Sudiarto,SE.Ak, MM kepada Ketua KPUD Kota Cimahi, DR. Ikin Sodikin di Aula Geduang A Komplek Perkantkantoran Pemerintah Kota Cimahi.

    Penyerahan DAK tersebut disaksikan oleh unsur Muspida Kota Cimahi, para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi, Panwaslu Kota Cimahi dan pimpinan partai politik tingkat Kota Cimahi.

    “Penyerahan data agregat kependudukan per-kecamatan ini sesuai dengan arahan Kementrian Dalam Negeri yaitu dalam rangka melaksanakan amanat pasal 32 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD,” kata Wakil Walikota Cimahi, H. Sudiarto dalam sambutannya.

    Dalam pasal 32 ayat 2 Undang-Undang tersebut ditegaskan, data agregat kependudukan per-kecamatan tersebut harus sudah tersedia dan diserahkan paling lambat 16 bulan sebelum hari pemungutan suara, dengan mekanisme Menteri Dalam Negeri menyerahkan kepada KPU, gubernur menyerahkan kepada KPU Provinsi dan bupati/walikota menyerahkan kepada KPU kabupaten/kota.

    Dalam DAK yang diserahkan oleh Pemkot Cimahi kepada KPUD Kota Cimahi tersebut terungkap bahwa jumlah penduduk Kota Cimahi berjumlah 546.018 jiwa terdiri dari laki-laki 277.809 jiwa dan perempuan 268.209, tersebar di Kecamatan Cimahi Utara 148.735 jiwa, Cimahi Tengah 164.265 jiwa dan Cimahi Selatan 233.018 jiwa.

    Sementara itu, Ketua KPUD Kota Cimahi DR. Ikin Sodikin menjelaskan, DAK per-kecamatan tersebut akan dijadikan bahan bagi KPUD Kota Cimahi dalam menyusun daerah pemilihan DPRD Kota Cimahi. Sebenarnya, kata Ikin, KPUD Kota Cimahi telah merancang daerah pemilihan Kota Cimahi kedalam 5 daerah pemilihan dengan asumsi penduduk Kota Cimahi 640.000 jiwa. Yaitu daerah pemilihan Cimahi Selatan I sebanyak 11 kursi, Cimahi Selatan II sebanyak 9 kursi, Cimahi Tengah I sebanyak 7 kursi, Cimahi Tengah II sebanyak 6 kursi dan daerah pemilihan Cimahi Utara sebanyak 12 kursi.

    “Namun, ternyata jumlah penduduk Kota Cimahi berdasarkan DAK per-kecamatan yang diserahkan oleh Pemkot Cimahi adalah 546.018 jiwa. Oleh karena itu, KPUD Kota Cimahi akan kembali menghitung berapa jumlah kursi untuk masing-masing daerah pemilihan tersebut,” katanya. (enal)
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus