Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sepekan, Warga Akan Disuguhkan Helarwayang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG01161-20121207-1526.jpg

    BANDUNG-Puluhan dalang kondang akan tampil dalam festival wayang bertajuk Helarwayang di Lapangan Gasibu Bandung mulai 16-22 Desember 2012 mendatang.

    Direktur kretif Sunda Saampar Adi Irwana mengatakan pada malam pembukaan akan digelar wayang semalam suntuk dengan dalang Ki Manteb Sudarsono, sementara pada malam penutupannya akan diisi dalang Asep Sunandar Sunarya.

    "Selama pagelaran sepanjang malam akan berlangsung pagelaran wayang tradisi dan kontemporer. Akan berlangsung selama sepekan," tegasnya.

    Ia menyatakan helarwayang ini selain berlangsung malam hari juga diramaikan beragam kegiatan dari pagi harinya, seperti wayang karnaval, eksibisi, seminar dll.  Selain itu juga akan digelar beragam kegiatan kreatif.

    Untuk anak-anak, nantinya akan disajikan rampak wayang cilik. Akan diundang pula anak-anak dari tingkat SD. Ini dilakukan untuk memperkenalkan budaya wayang kepada anak-anak yang saat ini jauh lebih mengenal tokoh kartun luar negeri dari pada tokoh wayang Gatotkaca.

    Adi mengatakan, Unesco sudah menetapkan wayang sebagai warisan budaya dunia tak benda sejak 2003 tetapi gaungnya masih kalah dengan batik. "Ada hari batik, tapi tdk ada hari wayang nasional. Kami ingin mengusulkan itu."

    Helarwayang ini nantinya akan menjadi agenda tahunan. Tahun depan direncanakan akan mengundang wayang dari luar negeri seperti Vietnam dll. Tejo
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus