Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Peran Media Dalam Pendidikan Politik, Harus Mampu Berikan Pendidikan Politik Praktis

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/WARTA.JPG

     

    BANDUNG- Diskominfo Jabar, (19/12) bertempat di lantai 4 Kantor Diskominfo Jabar, Jalan Tamansari Kota Bandung menggelar diskusi publik dengan mengangkat tema peran media massa dalam pendidikan politik.
     
    Dalam pertemuan tersebut, menghadirkan beberapa nara sumber diantaranya Dosen Jurnalistik Fikom Unpad, Sahala Tua Saragih. Sahala dalam pertemuan tersebut mengungkapkan menyikapi adanya pesta demokrasi di Jabar yaitu Pemilukada Gubernur/Wagub tahun 2013, harapannya media massa mampu memberikan pendidikan politik praktis kepada rakyat Jabar.
     
    Media, diharapkan dapat memberitakan kelima pasangan Cagub/Wacagub dengan jujur dan seimbang  baik kuantitatif maupun kualitatif. Media, juga diharapkan mampu dan mau menggali dan memberitakan integritas, moral dan jika ada media dapat memberitakan prestasi hebat mereka selama ini.
     
    Khalayak, ujar Sahala lauh lebih percaya kepada kisah-kisah nyata mereka para calon daripada pencitraan melalui iklan-iklan dan berita-berita politik yang muncul di media secara besar-besaran dan terus-menerus.
     
    Sementara itu, nara sumber lain dari UPI, Bunyamin Maftuh mengungkapkan dalam pelaksanaan pesta demokrasi seperti Pemilukada ada beberapa tantangan dari perilaku masyarakat saat ini. 
     
    Perilaku tersebut, antara lain : masih banyaknya masyarakat yang kurang memahami sistem politik secara benar, kurang memahami dan menerapkan sikap dan perilaku politik yang sesuai dengan nilai-nilai demokrasi, kecenderungan terjadinya penurunan partisipasi politik masyarakat serta kekhawatiran terjadinya indoktrinasi politik seperti pada masa orde lama dan orde baru. (Nur)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus