Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tahun 2014, Pemprov. Jabar Siap Cetak Sawah Baru

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_6717.JPG

    BANDUNG-Pemprov. Jabar merespon kian tingginya kebutuhan pasokan pangan. Kebutuhan pangan, akan terus meningkat akibat tingginya jumlah penduduk di Jabar, yang kini telah mencapai 44,9 juta jiwa. Untuk merespon tuntutan tersebut, di tahun 2014 siap dicetak sawah-sawah baru, ungkap Kepala Bappeda Jabar, Deny Djuanda dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id (21/12).

    Deny, lebih lanjut menuturkan hal yang harus dipersiapkan dalam merespon kian meningkatnya tuntutan kebutuhan pangan khususnya di sector agribisnis adalah adanya ketersediaan lahan yang memadai ditunjang dengan peningkatan produktivitas hasil pertanian.

    Untuk merespon tuntutan tersebut, dalam tahun 2013, Bappeda Jabar kerjasama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Jabar akan mulai mengidentifikasi areal mana saja yang bisa dijadikan lahan sawah baru, ujar Deny.

    Sawah baru dipersiapkan di kawasan Jabar bagian selatan seluas 200 Ha. Dipilihnya wilayah tersebut sebagai sasaran program cetak sawah baru, disebabkan di Jabar bagian utara sedang gencar dilaksanakan kegiatan industry, sehingga program tersebut akan berdampak  berkurangnya areal sawah.

    Dengan adanya areal sawah baru di Jabar bagian selatan, akan mampu mempertahankan 1 juta Ha lahan abadi sawah, yang kini baru mencapai 930 Ha, imbuhnya.

    Menurut Deny, ada beberapa areal lahan yang akan dijadikan sawah baru diantaranya lahan lading serta sawah tadah hujan. Khusus untuk sawah tadah hujan akan diubah menjadi sawah beririgasi. (Nur)
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus