Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Menghilangkan Budaya Lokal, Hilangkan Nasionalisme

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_5076.jpg

     

    BANDUNG – Saat berbicara dalam Diskusi tetngan Kurikulum 2013 yang berkaitan dengan Bahasa Daerah (Sunda), Jum’at sore (4/1) di Gedung YPK  Jl. Naripan Bandung, Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda menegaskan, adanya nasionalisme atau ke-Indonesiaan, adalah puncak dari kebudayaan loka atau daerah. Oleh karena itu, upaya untuk meniadakan budaya daerah termasuk bahasanya, sebenarnya secara tidak sadar sedang menenggelamkan nasionalisme itu sendiri.
     
    “Kita semua tahu, bahwa adanya Indonesia itu adalah karena adanya suku-suku bangsa termasuk keragaman bahasanya. Nah kalau bahasanya tidak lagi diajarkan pada masyarakat setempat, apa jadinya nanti dengan ke-Indonesiaan?” ujar Ayi
     
    Menurut Ayi, itulah alasannya kenapa Kota Bandung membuat Perda khusus tentang pelestarian Bahasa, Aksara dan Budaya Sunda.
    “Ada orang yang mengatakan Pemkot Bandung terlalu berlebihan membuat Perda itu, dan berpotensi akan memecah belah kebangsaan Indonesia. Menurut saya pemikiran itu justru keliru kalau kita mengingat soal suku bangsa yang memperkuat ke-Indonesiaan tadi” katanya.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus