Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Di Tahun 2013, Realisasi Pembangunan Bandara Masih Terfokus Di Pembebasan Lahan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Di-Tahun-2013,-Realisasi-Pembangunan-Bandara-Masih-Terfokus-Di-Pembebasan-Lahan.jpg

     

    Majalengka- Rencana  pembangunan Bandara Internasional Kertajati, untuk tahun 2013 masih terfokus pada pembebasan lahan, mengingat sampai akhir tahun 2012 masih ada lahan yang belum selesai dibebaskan, ungkap Kadishub Jabar, Deddy Taufik dalam keterangannya kepada wartawan di sela-sela peninjauan ke lokasi rencana pembangunan bandara, akhir pekan lalu.
     
    Deddy, lebih lanjut memaparkan di tahun 2013, alokasi dana yang disiapkan dalam APBD murni Provinsi Jabar sebesar Rp. 175 miliar. Dana tersebut, akan dipergunakan untuk pembebasan lahan seluas 102 Ha. Dana untuk pembebasan lahan akan dipergunakan untuk menuntaskan pembebasan lahan di dua desa yaitu Desa Sukamulya dan Desa Sukakerta.
     
    Dana dari APBD Provinsi Jabar untuk pembebasan lahan  yang sudah terealisasi mencapai Rp.293 miliar. Melalui dukungan dana di tahun ini yang mencapai Rp.175 miliar sudah dihitung akan menyelesaikan pembebasan lahan seluas 102 Ha. Dari lahan yang dibebaskan tahun ini, sesuai dengan rencana pembangunan bandara dipersiapkan untuk pembangunan landasan.
     
    Dengan demikian, melalui APBD murni tahun 2013, lahan yang sudah dibebaskan mencapai 749 Ha, dari target pembebasan lahan secara keseluruhan sebanyak 970 Ha. Dengan demikian, masih dibutuhkan dana untuk menyelesaikan sisa pembebasan lahan, dengan ditaksir mencapai Rp.325 miliar.
     
    Sejalan dengan rencana di tahun ini, melalui dana yang bersumber dari APBN dialokasikan dana sebesar Rp.135 miliar. Dana tersebut akan dipergunakan untuk membangun runway dengan panjang 4.000 meter dan lebar 20 meter.
     
    Setelah runway dibangun, ujar Deddy maka dilanjutkan dengan pembangunan terminal. Diharapkan seluruh tahapan pembangunan bandara dapat selesai tahun 2016 sehingga di tahun itu juga Bandara Internasional Kertajati dapat dioperasikan.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus